Jelaskan makna alinea ke 4

Ringkasan atau inti cerita pada cerpen terletak pada? 

Jelaskan makna alinea ke 4

 

Jawaban:

 

  • Pada alinea yang ke-4 ini menjelaskan fungsi dan tujuan dari bangsa Indoensia seperti melindungi seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, hingga melaksanakan ketertiban dunia.
  • Alinea yang ke-4 juga mempertegas bentuk negara yang berlandaskan Pancasila.
  • Kemerdekaan bangsa Indonesia yang disusun dalam Suatu UUD 1945
  • Sistem pemerintahan berdasarkan kedaulatan Rakyat (demokrasi)

 

Pembahasan:

 

Proklamasi Kemerdekaan adalah salah satu pernyataan atau pengumuman kepada dunia internasional bahwa bangsa Indonesia telah merdeka, sedangkan pada Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 merupakan pernyataan kemerdekaan yang lebih jelas karena memuat penjelasan tentang dasar negara dan tujuan dari negara yang diproklamasikan.

Undang-undang Dasar (UUD) 1945 adalah hukum dasar yang menjadi sumber landasan semua aturan perundang-undangan yang ada di Indonesia. UUD 1945 sendiri disahkan negara oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945.

UUD 1945 mempunyai peran penting dalam memberikan hak-hak seluruh warga negara dari berbagai lapisan masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi semua masyarakat Indonesia mengerti dan memahami UUS 1945.

Pembukaan UUD 1945 merupakan Staats fundamental norm atau yang disebut dengan Norma Fundamental Negara, Pokok Kaidah Fundamental Negara atau Norma Pertama yaitu berdasarkan norma tertinggi dalam suatu negara. Lebih lanjut lagi, Pembukaan UUD 1945 adalah pokok atau kaidah negara yang bersifat fundamental dan memiliki kedudukan yang tetap dan melekat bagi negara Republik Indonesia.

Kedudukan Pembukaan UUD 1945 adalah sebagai berikut:

  • Sumber motivasi dan sumber aspirasi perjuangan serta tekad bangsa Indonesia.
  • Sumber dari cita-cita hukum dan cita-cita moral yang ingin ditegakkan dalam lingkungan nasional dan juga dunia internasional.
  • Nilai-nilai universal dan lestari dalam peradaban bangsa-bangsa di seluruh dunia.

Pertanyaan Berikutnya: Lirik Mars Alfamart?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *