Budaya Perusahaan Korea – Peluang Sukses

Budaya Perusahaan Korea

Budaya Perusahaan Korea Peluang Sukses – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Budaya Perusahaan Korea.

Budaya Kerja Perusahaan Korea 

Korea dulunya termasuk negara termiskin, yang hanya mengandalkan sumber daya pertanian untuk mempertahankan kestabilan perekonomian mereka.

Bahkan, perang saudara yang sempat kemelut di negeri ginseng ini pun hampir membuat Korea hancur.

Tetapi, berkat kegigihan dan etos kerja para warganya, Korea menjadi salah satu negara yang diacungi jempol di kancah internasional karena keunggulan di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang teknologinya. Hal ini tak lepas dari budaya kerja perusahaan Korea.

 Budaya Perusahaan Korea Yang Sangat Disiplin 

Adapun budaya perusahaan Korea yang dianut adalah sebagai berikut.

Disiplin dan Tepat Waktu

Disiplin dan tepat waktu memang melekat pada warga Korea. Para pekerja Korea memang menjunjung tinggi kedisiplinan dan menghargai waktu kerja dan mempertanggungjawabkan pekerjaan mereka. 

Keterlambatan tidak bisa mereka toleransi karena itu artinya tidak menghargai orang lain. Itulah sebabnya, jika mereka ada janji sekalipun di luar kantor atau urusan yang tidak formal, mereka akan menepati janji

Kerja Cepat dan Penuh Tanggung Jawab

Ritme kerja yang cepat dan tetap bertanggung jawab memberikan hasil yang terbaik adalah etos kerja yang kental di dalam diri orang Korea.

Etos kerja ini membawa Korea menjadi negara yang tidak bisa dipandang sebelah mata di mata dunia.

Orang-orang Korea memang mendidik anak-anaknya untuk bisa melakukan pekerjaan dan juga belajar dengan cepat.

Dalam menyelesaikan pekerjaan dan menghadapi target, mereka memiliki prinsip “time is running out”.

Mereka selalu membuat target kerja dengan kurun waktu tertentu untuk memacu mereka agar dapat fokus dalam penyelesaian tugas dan pekerjaan yang harus mereka selesaikan.

Efisiensi waktu menjadi yang utama dalam hal ini sehingga tidak ada kata waktu terbuang percuma.

Fokus Kerja

Orang Korea itu terkenal dengan fokusnya dalam bekerja.

Kerja ya kerja, enggak ada kata main-main, gosip atau ghibah-in orang. Selama waktu bekerja, mereka hanya melakukan pekerjaan mereka, bukan pekerjaan lain diluar yang harus mereka kerjakan saat itu.

Selama bekerja, eggak akan pernah mereka buka-buka media sosial pribadi atau stalking akun orang lain, kerjaan remeh yang bakal menyita waktu mereka yang produktif.

Tidak Mudah Tersinggung

Bekerja secara profesional tak menutup kemungkinan mendapatkan kritikan pedas entah dari atasan atau dari pelanggan.

Apalagi banyak perusahaan di Korea menetapkan standar kinerja yang tinggi bagi para karyawannya.

Jika salah, maka tak urung semua yang ada di pikiran tentang kesalahan itu akan diutarakan tanpa basa-basi.

Tapi uniknya mereka akan menerima kesalahan mereka dengan lapang dan menariknya, mereka tidak mudah tersinggung alias baperan. Mencari-cari alasan hanya malah akan menambah kesalahan.

Itulah sebabnya mereka dengan segera akan berusaha memperbaiki kesalahan mereka namun tetap menerima apa yang menjadi kritikan yang disampaikan kepada mereka tanpa ada rasa tersinggung.

Setiap teguran yang diterima justru menjadi sebuah pemacu untuk mereka dapat memberikan layanan dan kinerja yang semakin profesional.

Teguran, saran dan kritikan dijadikan dorongan untuk maju semakin lebih baik.

On Time, Enggak Ngaret, dan No Excuse

Karena disiplin yang tinggi, jam karet udah enggak akan pernah ditoleransi. Makanya, enggak ada, tuh yang namanya terlambat dan berbagai alasan untuk membenarkan diri.

Mereka berprinsip, jika bisa dikerjakan sekarang, kenapa harus nanti? Menunda pekerjaan tidak ada dalam kosakata etos kerja mereka.

Pekerjaan yang bisa dilakukan sekarang atau dibereskan hari ini yang sebaiknya dilakukan agar tidak menumpuk dan malah terbengkalai.

Ini yang mempengaruhi performa kinerja para karyawan di Korea menjadi lebih produktif dan patut diacungi jempol.

Sopan Pada Atasan

Meski menjadi bawahan dan pernah mendapat “teriakan” alias teguran, para karyawan di Korea menjunjung tinggi asas kesopanan kepada atasan.

Tak jarang jika ada yang salah, atasan bisa-bisa berteriak di depan umum dan memarahi karyawannya yang berbuat salah sehingga banyak orang yang akan memperhatikan.

Namun, ini adalah sebuah strategi untuk memberikan efek jera. Meskipun demikian, para bawahan tetap patuh dan menghormati atasan.

Apabila di kantor hubungan antara atasan dan bawahan begitu kental, demikian juga ketika berada di luar kantor.

Ketika diadakan makan bersama di restoran atau kedai minuman, para bawahan akan tetap menunjukkan rasa hormat mereka kepada atasan.

Kejujuran

Kejujuran adalah salah satu modal utama seorang karyawan dapat dipercaya. Umumnya, orang-orang Korea itu adalah orang yang jujur.

Hal ini nampak dari kebiasaan mereka jika menemukan sebuah barang atau benda berharga yang terjatuh seperti dompet, mereka akan segera memberikannya kepada yang berwajib.

Hal ini pun terjadi di kantor dan perusahaan. Mereka akan jujur kepada jam kerja mereka sendiri, termasuk tidak suka korupsi uang atau manipulasi data.

Kejujuran adalah etos kerja yang dijunjung tinggi oleh Orang Korea.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Budaya Perusahaan Korea. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *