Biostatistik Data Statistik Kesehatan

Biostatistik

Biostatistik Data Statistik Kesehatan – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Biostatistik.

Statistik Inferensial

Biostatistik merupakan studi tentang perkembangan dan aplikasi metode statistika dalam menganalisa dan memecahkan masalah kesehatan masyarakat maupun penelitian biomedis, klinis, dan kemasyarakatan.

Statistika merupakan landasan untuk mengumpulkan, merangkum, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasikan data sampel penelitian meliputi proses induktif (exploratory) untuk mengidentifikasi pola data, dan proses deduktif (confirmatory).

Hal ini mencocokkan cara dengan model teoritis yang diimplementasikan sebagai pengujian hipotesis. Dua pendekatan tersebut akan dibahas dalam mata kuliah biostatistika ini.

Secara lebih jauh, mata kuliah ini membahas tentang aplikasi prinsip-prinsip statistika dalam ilmu kedokteran dan kesehatan, identifikasi pola statistik dan uji hipotesis atau estimasi parameter yang didiskusikan dengan contoh-contoh penelitian yang telah dipublikasikan disertai latihan-latihan analisis dan interpretasi data.

Pemahaman dan ketrampilan pokok tentang biostatistik menjadi salah satu kompetensi dasar (core competencies) bagi praktisi, peneliti, dan mahasiswa bidang kesehatan.

Konsep-konsep pokok biostatistik menggunakan contoh-contoh permasalahan sehari-hari yang dihadapi oleh kesehatan masyarakat dan kedokteran.

Permasalahannya, lembaga pelayanan dan pelatihan statistik yang ada selama ini hanya menggunakan contoh permasalahan yang sangat umum.

Biostatistik Kesehatan

Bidang kesehatan dan kedokteran memiliki kekhususan dan persyaratan yang ketat dan berbeda dengan bidang yang lain seperti teknik, sosial dan lain-lain.

Secara khusus pada bidang kesehatan dan kedokteran,penawaran materi pelatihan statistik akan berbeda seperti aplikasi statistika pada bidang medis, teknik, ekonomi, pendidikan dan bidang lainnya.

Biostatistik merupakan ilmu dasar dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat yang digunakan sebagai metode untuk mempelajari masalah kependudukan.

Sampai kini keilmuan yag diasuh oleh Departemen Biostatistik dan Kependudukan meliputi 3 bidang: Keilmuan Biostatistika, Keilmuan Informatika Kesehatan, dan Keilmuan Kependudukan.

Departemen Biostatistik dan Kependudikan kini menyelenggarakan Program Sarjana Kesehatan Masyarakat dan Program Magister Kesehatan Masyarakat.

Program Sarjana terdiri dari peminatan Biostatistika, Informatika Kesehatan, dan Manajemen Informasi Kesehatan. Sedangkan peminatan Program Magister terdiri dari Biostatistika dan Informatika Kesehatan.

Secara umum, biostatistik merupakan sebuah data  informasi yang berkaitan dengan masalah kesehatan.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Biostatistik. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *