Gambar Struktur Bangunan Rumah

Gambar Struktur Bangunan

Gambar Struktur bangunan rumah dapat diartikan sebagai elemen-elemen atau bagian yang merupakan pokok penting berdirinya suatu bangunan seperti adanya atap, dinding, pondasi, dan sebagainya. 

Struktur ini nantinya akan melengkapi elemen-elemen struktur bangunan bangunan lain seperti pada bagian interior rumah sehingga membentuk suatu kesatuan yang indah dan kokoh. 

Namun, membangun sebuah bangunan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Apalagi untuk sebuah bangunan bertingkat tinggi, sangat diperlukan perencanaan pembangunan dengan struktur yang baik dan bertitik pada standar yang telah ditetapkan dalam peraturan pemerintah.

Gambar Konstruksi Bangunan Rumah 

Gambar Struktur Bangunan

Secara umum, konstruksi bangunan adalah keseluruhan objek bangunan yang terdiri dari beberapa bagian dan struktur sebuah bangunan.

Dalam sebuah konstruksi rumah, terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi tersendiri. Mengetahui setiap bagian konstruksi rumah tentu akan berguna ketika kamu akan membangun atau merenovasi rumah.

Dengan mengetahui setiap bagian konstruksi rumah, kamu akan mengetahui bagian mana saja yang perlu diperbaiki atau dibangun. Selain itu, mengetahui bagian konstruksi rumah juga membantu kamu saat akan berbelanja material untuk membangun atau merenovasi rumah.

10 Bagian Konstruksi Bangunan dan Fungsinya :

  1. Fondasi

Dalam setiap konstruksi gedung dan rumah, fondasi adalah bagian yang menentukan kekokohan bangunan.Fondasi merupakan bagian paling dasar dari sebuah konstruksi bangunan dan terhubung langsung dengan tanah.

Fungsi fondasi adalah menahan seluruh beban bangunan supaya tetap berdiri kokoh.

Untuk membuat fondasi yang baik, sebuah konstruksi harus dibangun secara tepat, di atas tanah dengan kemiringan yang tepat, dan aman dari ancaman longsor.

Maka dari itu, fondasi merupakan bagian terpenting untuk membangun sebuah rumah yang kokoh.

  1. Balok Sloof

Di bagian atas fondasi, terdapat sebuah balok yang mendatar. Itulah yang disebut dengan balok sloof. Keberadaan balok sloof sama pentingnya dengan fondasi bangunan. Fungsi balok sloof adalah mengikat seluruh bagian bawah dan tiap kolom agar bangunan tetap kokoh.

Selain itu, balok sloof juga berfungsi mencegah bagian bangunan yang turun akibat perbedaan kemampuan tanah dalam menahan beban bangunan.

  1. Dinding

Dinding atau tembok merupakan bagian paling besar dalam sebuah konstruksi bangunan. Fungsi bagian ini adalah sebagai penutup bangunan rumah dan melindungi penghuni. Di banyak rumah, dinding juga sering dimanfaatkan sebagai partisi ruangan.

Dalam rumah bertingkat, dinding juga dapat berguna sebagai penahan beban bangunan di lantai atas. Kamu bisa memilih beragam jenis material untuk membuat dinding rumah, semisal beton, kayu, dan bambu.

  1. Kolom

Salah satu bagian terpenting untuk menyangga konstruksi rumah adalah kolom. Kolom berbentuk sebuah batang yang berdiri di beberapa sisi bangunan.

Bagian yang berada di atas sloof ini juga berfungsi sebagai pengikat dinding di sisi yang berbeda. Umumnya, jarak antarkolom mencapai sekira 3,5 meter. Kolom dapat terbuat dari material beton, baja, dan bekisting balok ring.

  1. Ventilasi

Ventilasi merupakan bagian yang sangat penting untuk menjaga sirkulasi udara dalam rumah.Biasanya ventilasi atau lubang udara ini berada di atas pintu atau jendela rumah.

  1. Balok Latei

Balok latei merupakan bagian untuk menahan bagian atas konstruksi bangunan rumah. Jenis balok ini biasanya terletak di atas pintu atau jendela. 

Dengan adanya balok latei, kusen pintu dan jendela tetap kokoh dan tidak melengkung. Jika konstruksi kuat, balok latei dapat menahan bentuk kusen tetap kokoh saat diguncang gempa bumi.

  1. Lantai

Bagian dari konstruksi rumah yang tidak kalah penting adalah lantai. Pasalnya, kenyamanan kita saat berada di rumah juga ditentukan dari material apa yang kita pilih untuk lantai rumah. Untuk pemilihan jenis lantai, sesuaikanlah desain dan warna lantai dengan desain rumah.

  1. Jendela dan Pintu

Jendela dan pintu adalah bagian bangunan rumah yang harus kalian cermati ukurannya agar tampak proporsional. Jangan terlalu pelit saat membuat jendela, karena bagian ini sangat penting untuk sirkulasi udara di rumah.

Sementara, untuk pintu rumah, pilihlah ukuran yang proporsional sesuai fasad rumah. Jika fasad rumah tampak kecil, pilihlah pintu yang ramping dan tidak terlalu besar.

  1. Rangka Atap atau Kuda-Kuda

Sebelum meletakkan atap di bagian atas rumah, kamu harus memasang rangka atapnya terlebih dulu. Rangka atap berfungsi menahan atap tetap stabil saat dipasang. Ada beragam jenis material kerangka atap yang bisa kamu pilih, semisal kayu dan baja ringan.

  1. Atap

Atap merupakan bagian paling atas dalam sebuah konstruksi bangunan rumah. Atap berfungsi melindungi penghuni rumah dari panas, hujan, dan angin kencang. Kamu juga bisa mendapatkan atap dari beragam material, semisal beton, tanah liat, seng, dan lain-lain.

Gambar Struktur Bangunan 2 lantai 

Gambar Struktur Bangunan

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai gambar struktur bangunan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.      

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *