Bahasa Latin Komputer Yang Perlu Kamu Ketahui

Bahasa Latin Komputer

Bahasa Latin Komputer – Kita mungkin sudah tidak asing dengan komputer. Hampir semua kegiatan dilakukan menggunakan komputer. Untuk belajar dan komputer saat ini banyak menggunakan komputer dan perangkat lain yang sejenis. 

Komputer banyak digunakan terutama oleh pekerja kantoran dan mahasiswa. Namun tahukah kamu apa sih yang dimaksud dengan komputer itu? Tahukah kamu bahasa latin komputer?  

Masih banyak yang belum mengetahui ternyata istilah komputer berasal dari bahasa Latin. Kenapa dinamakan komputer? Ternyata penamaan komputer memiliki sejarah loh. 

Sudah tau belum sejarah komputer? Jika belum tau penamaan komputer dan istilah simak informasi berikut ini. Daripada penasaran yuk simak ulasan di bawah ini. 

Bahasa Latin Komputer Yang Bertujuan Untuk

Penemuan komputer berawal ketika manusia menciptakan alat-alat bantu (kalkulator) untuk menghitung angka dan membantu dalam pekerjaan matematika pada awal abad ke-20. Komputer sebenarnya merujuk pada manusia yang bekerja sebagai operator mesin. 

Mesin hitung atau kalkulator tersebut diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia terutama dapat menghemat waktu dan usaha yang diperlukan manusia untuk melakukan penghitungan matematika yang kompleks dan berulang ulang.

Seperti yang kita ketahui untuk menghitung persoalan matematika diperlukan waktu dan tenaga yang ekstra karena cukup menguras kinerja otak. Seiring perkembangan teknologi mesin hitung digantikan oleh komputer.

Itulah sejarah singkat bagaimana awal terbentuknya komputer. Lantas bagaimanakah bisa dinamakan komputer? Ternyata istilah komputer berasal dari bahasa latin. Bahasa latin  komputer yaitu computare.

Bahasa Latin adalah bahasa yang pernah digunakan di negara Romawi Kuno dan merupakan bahasa standar bagi dunia pendidikan, ilmu pengetahuan, dan agama di Eropa pada Abad Pertengahan dan Renaisans. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau  KBBI, komputer adalah alat elektronik yang dapat menghitung atau mengolah data secara tepat. Komputer atau computer berasal dari to compute

Dalam bahasa Latin, kata komputer berasal dari kata kerja “computare” artinya yaitu “menghitung”.  Hal ini disebabkan karena dulu komputer dikenal sebagai alat untuk menghitung.

Lebih jauh, dalam bahasa Latin, kata “computare” asalnya juga dari sebuah kata. Computare berasal dari kata “putare”, yang bermakna “menyusun atau menilai”. Kemudian, ditambahkan kata “com-”  sebelum kata “putare” untuk memberi arti “bersama-sama” atau “lengkap”. 

Sehingga istilah komputer “computare” dapat diartikan sebagai “menyusun atau menilai secara lengkap”.

Meskipun istilah “komputer” berasal dari bahasa Latin untuk “menghitung”, namun penggunaannya saat ini memiliki makna yang lebih luas. Sejak ditemukan hingga saat ini komputer telah mengalami banyak perkembangan mulai dari perubahan bentuk menjadi lebih modern dan kinerja menjadi lebih cepat dan efisien dengan penyimpanan dan kapasitas yang lebih besar. 

Komputer bukan hanya sekedar alat untuk menghitung, namun perangkat yang satu ini penggunaan sudah lebih kompleks dan saling terhubung dengan koneksi dan jaringan dapat mengerjakan berbagai tugas, misalnya mengolah data, berselancar didunia maya, browsing, bermain game dan masih banyak lagi kegunaan komputer pada saat ini.

Bahasa latin komputer bertujuan untuk memudahkan kita untuk memahami dan mengetahui asal usul penciptaan komputer. Komputer telah menjadi alat yang tak tergantikan dalam berbagai sektor, seperti bidang pendidikan, kesehatan, dan hiburan serta bidang lainnya.

Dalam bidang pendidikan misalnya, penggunaan komputer memudahkan siswa untuk mengakses sumber pendidikan mulai dari sekolah atau universitas yang bagus. Tidak hanya itu, dengan komputer kita juga bisa mencari berbagai macam ilmu dan masih banyak hal bermanfaat lainnya.

Contoh lainnya pada masa pandemi kemarin siswa dapat menggunakan komputer untuk mengikuti pembelajaran atau kelas online. 

Dalam bidang kesehatan, komputer digunakan dalam diagnosis penyakit, pemantauan pasien, dan riset medis. Selain itu, sistem informasi kesehatan, seperti penyimpanan data medis pasien disimpan melalui komputer dan diakses dengan aman. 

Dengan adanya penemuan komputer dapat memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. manusia dapat menghemat waktu dan tenaga manusia.

Nah, demikian istilah dan bahasa latin komputer. Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *