Fungsi Href Adalah?

Href Adalah

Href Adalah Atribut Penentuan Alamat – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Href Adalah Atribut Penentuan Alamat.

Atribut Href Adalah Atribut Penentuan Alamat 

Atribut href merupakan suatu atribut yang digunakan untuk menentukan alamat yang akan dituju pada sebuah link. 

Atribut ini harus ada jika kita ingin membuat link. Cara penulisan dan alamat tujuannya beraneka ragam dan hampir sama dengan penulisan value src pada saat kita belajar menambahkan gambar di HTML. 

Untuk memudahkan memahaminya saya rangkum menjadi 4 jenis link yaitu link absolute, link relative, link dalam satu halaman dan link ke protokol lain.

Href Html Adalah Link 

Membuat link menuju alamat absolute

Alamat absolute adalah alamat yang lengkap mulai dari protokol yang digunakan ( http:// atau https:// ), nama domain, dan dilengkapi dengan alamat halaman atau file yang dituju, misalnya: https://itkoding.com/hubungi-kami/

Maka kode HTMLnya adalah:

1

<a href=”https://itkoding.com/hubungi-kami/”>Hubungi Kami</a>

Alamat absolute biasanya digunakan untuk membuat link ke website lain. 

Namun disarankan untuk selalu menggunakan alamat absolute untuk semua link pada website meskipun link tersebut menuju ke halaman website kita sendiri karena alamat absolute memiliki keunggulan dari segi SEO. 

Kita akan membahasnya pada topik tersendiri. Baca juga materi lainnya cara membuat ordered list html.

Membuat link menuju alamat relatif

Alamat relatif adalah alamat yang hanya menunjukkan nama file dan direktorinya. Berbeda dengan absolute, alamat relatif tidak perlu memasukkan protokol dan nama domain.

Struktur folder untuk percobaan link relatif HTML

Penjelasan: Folder praktek terdiri dari 2 file (index.html dan single.html) dan 2 folder (laptop dan smartphone. Folder laptop terdiri dari 2 file (asus.html dan samsung.html). Folder smartphone terdiri dari 2 file (android.html dan iphone.html).

Dengan contoh struktur folder di atas, berikut ini cara menulis alamat relatif:

  1. Tujuan link berada pada folder yang sama.

Contohnya jika kita menulis kode HTML pada file “index.html” dan ingin membuat link ke file “single.html” yang berada pada folder yang sama yaitu folder praktek maka cara penulisan value dari atribut href adalah hanya nama filenya saja.

Kode pada file index.html :

1

<a href=”single.html”>Link ke single</a>

Jika file “index.html” dibuka di web browser kemudian teks “Link ke single” di-klik maka akan membuka file “single.html”.

  1. Tujuan link berada dalam folder.

Contohnya jika kita membuat file “index.html” dan ingin membuat link ke file “asus.html” maka kita harus menulis nama foldernya terlebih dahulu yaitu “laptop” kemudian tanda / lalu nama filenya yaitu “asus.html“. Sehingga jika disatukan menjadi “laptop/asus.html”.

Kode pada file index.html :

1

<a href=”laptop/asus.html”>Link ke asus</a>

  1. Tujian link berada di luar folder.

Contohnya jika kita membuat file “android.html” dan ingin membuat link ke “index.html” maka kita harus menambahkan tanda ../ yang artinya “naik satu direktori”, kemudian kita tambahkan nama filenya yaitu “index.html”. Jika digabungkan menjadi “../index.html“.

Kode pada file android.html:

1

<a href=”../index.html”>Link ke index</a>

Membuat Link HTML dalam Satu Halaman

Link HTML dalam satu halaman dapat dibuat dengan menambahkan atribut id pada elemen HTML yang dituju lalu id tersebut ditulis pada atribut href link HTML. Penulisan pada atribut href didahului dengan tanda pagar #. Link jika di-klik akan menuju elemen tersebut tanpa pindah halaman.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Href Adalah Atribut Penentuan Alamat. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *