Marketing: Pengertian, Tujuan, Manfaat

Marketing

Marketing adalah proses mengenalkan produk atau jasa agar diketahui oleh masyarakat. Marketing juga berarti proses pemasaran produk atau jasa, mulai dari pembuatan strategi hingga apa yang dirasakan oleh konsumen.

Marketing Funnel 

Marketing funnel merupakan bentuk lain dari customer journey, dimana menjelaskan proses seseorang dari tidak mengenal brand, mengenal, menimbang, melakukan pembelian, menilai produk, hingga menjadi pelanggan. Terdapat 5 tahapan dalam marketing funnel:

  • Awareness (kesadaran)

Tahap di mana konsumen sadar barang apa yang ia inginkan atau butuhkan.

  • Consideration (menimbang)

Tahapan konsumen mulai mencari info lebih banyak soal produk yang diinginkan (termasuk membanding-bandingkan satu merek dengan merek lainnya)

  • Purchase (membeli)

Konsumen memutuskan untuk membeli produk yang terbaik.

  • Retention (membeli kembali)

Konsumen merasa puas dengan pembelian pertama dan memutuskan untuk kembali membeli produk.

  • Advocacy (testimonial)

Karena selalu merasa puas, konsumen menjadi loyal. Ia memberi testimoni bagus dan merekomendasikan produk atau layanan kamu kepada banyak orang.

Manfaat besar yang bisa diambil dengan penerapan strategi funnel marketing yaitu terjadi lonjakan penjualan yang didapat dari loyal customer. 

Karena dengan rekomendasi yang diberikan loyal customer kepada kolega, saudara dan keluarganya akan menciptakan efek domino dalam meningkatkan kepercayaan customer baru terhadap layanan dan produk bisnis Anda. 

Namun, tentu saja hal ini bisa tercapai dengan kesabaran membangun elemen-elemen yang dibutuhkan dalam funnel marketing seperti website, sosial media, customer service hingga layanan dan produk yang memang dibutuhkan oleh customer

Marketing Executive 

Marketing Eksekutif adalah salah satu pilihan karier yang sedang populer di kalangan pencari kerja saat ini. Sebenarnya apa arti Marketing Executive?

Secara sederhana, Marketing Eksekutif artinya yaitu seseorang yang bertugas untuk memperkuat citra produk atau perusahaan di mata publik. Tugas mereka meliputi pengawasan aktivitas promosi produk atau layanan perusahaan.

Kesuksesan seorang Marketing Eksekutif diukur dari sejauh mana ia mampu membuat produk atau layanan perusahaan dikenal oleh banyak orang serta meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan.

Tugas marketing executive adalah mereset serta mengembangkan strategi pemasaran sehingga mampu meningkatkan nilai jual suatu produk. 

Dilihat dari definisi tersebut, cakupan pekerjaannya terbilang luas, untuk itu di bawah ini akan dijabarkan lebih detail tugas serta tanggung jawabnya.

  • Tugas Pertama Marketing Executive Adalah Mereset Target Pasar

Pertanyaan seperti: siapa saja yang membutuhkan produk, patokan harga yang sesuai, bagaimana produk dapat relevan dengan konsumen, dan sebagainya haruslah mampu terjawab. 

Ini memberikan gambaran awal untuk menentukan strategi pemasaran yang sesuai dengan target pasar.

  • Analisis Data

Tak hanya menganalisis target pasar, marketing executive juga harus mampu menganalisis data. Tidak hanya melakukan analisis pasar eksternal, tetapi juga melakukan analisis data internal terkait promosi yang telah dilakukan untuk dievaluasi. 

Guna hal tersebut untuk mengetahui karakter konsumen demi mempertahankan konsumen yang sudah ada.

  • Menyusun Rencana Pemasaran

Tugas ini merupakan inti dari marketing executive. Tim pemasaran harus mengevaluasi dan merencanakan strategi yang akan dilakukan dalam kegiatan pemasaran. 

Mereka harus memutuskan berbagai tahapan dan langkah-langkah yang akan diambil selama proses pemasaran.

Selain itu, mereka juga harus menentukan rancangan pemasaran yang akan diterapkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

  • Memenuhi Target Penjualan

Sesuai poin yang telah disebutkan di atas, adanya tim marketing executive adalah untuk mencapai target penjualan karenanya bahan evaluasi kerja bidang ini dapat dinilai dari angka penjualan yang berhasil didapatkan.

  • Tanggung Jawab Marketing Executive Adalah Menginput Data Customer ke Dalam CRM

Sebagai bagian dari tugasnya, marketing executive juga bertanggung jawab dalam mengumpulkan dan mencatat data pelanggan sebagai bahan analisis. Data pelanggan yang terkumpul kemudian dimasukkan ke dalam sistem CRM (Customer Relationship Management).

  • Memantau Pemasaran

Beberapa perusahaan meminta marketing executive untuk memonitor kemajuan kegiatan pemasaran yang sedang berlangsung. Hal ini dilakukan agar kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

  • After Sales Service

After sale service merupakan bentuk pelayanan yang diberikan dari perusahaan kepada pelanggan untuk memastikan tingkat kepuasan terhadap produk atau layanan yang diberikan. Umumnya, tugas ini juga dinaungi oleh marketing executive.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang marketing, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *