Kurikulum Merdeka SMA Terbaru

Kurikulum Merdeka SMA

Kurikulum Merdeka SMA  Terbaru – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Kurikulum Merdeka Sma.

Kurikulum Merdeka SMA merupakan  pengganti Kurikulum 2013 dan diterapkan secara menyeluruh oleh setiap sekolah di berbagai jenjang pendidikan pada tahun 2024.

Kurikulum Merdeka SMA merupakan upaya pemulihan pembelajaran akibat pandemi Covid-19 yang diperkenalkan oleh di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia, termasuk SMA.

Kurikulum Merdeka SMA bertujuan untuk dapat menghadirkan kegiatan belajar mengajar yang lebih fleksibel, mulai dari segi alokasi waktu hingga materi pelajaran, tapi tetap berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik.

Kurikulum Merdeka SMA diberikan kesempatan kepada siswa yaitu kebebasan untuk mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki.

Selain itu, Kurikulum Merdeka juga memberikan kebebasan pada guru dalam memilih perangkat ajar sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat siswa.

Kurikulum Merdeka SMA Kelas 10

Kurikulum Merdeka SMA untuk kelas 10 dikenal dengan nama fase E.

Kemendikbud masih memberikan kebebasan pada sekolah untuk memilih pendekatan yang tepat dalam menentukan bagaimana mata pelajaran tersebut diorganisasikan.

Mata pelajaran IPA dan IPS diajarkan secara bergantian dalam blok waktu terpisah dan secara paralel dengan Jam Pelajaran (JP) terpisah antara satu mata pelajaran dengan lainnya.

Kurikulum Merdeka SMA Kelas 11

Kurikulum Merdeka SMA untuk kelas 11 dikenal dengan nama fase F. Begitu juga dengan kelas 12. Struktur mata pelajaran dibagi menjadi lima kelompok utama, yaitu:

  • Kelompok Mata Pelajaran Umum dan wajib diikuti oleh semua peserta didik di Fase F ini.
  • Kelompok Mata Pelajaran MIPA yang terdiri dari Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informasi.
  • Kelompok Mata Pelajaran IPS yang terdiri dari Ekonomi, Antropologi, Geografi, dan Sosiologi.
  • Kelompok Mata Pelajaran Bahasa dan Budaya
  • Kelompok Vokasi dan Prakarya

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMA di Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu Mata Pelajaran Kelas 10

Berikut adalah daftar mata pelajaran kelas 10 beserta alokasi waktunya dengan asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit.

Alokasi Waktu Mata Pelajaran Kelas 11

Berikut adalah daftar mata pelajaran kelas 11 beserta alokasi waktunya dengan asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit.

Dalam Kurikulum Merdeka, setiap mata pelajaran memiliki Capaian Pembelajaran yang berbeda-beda, disesuaikan dengan fase perkembangan siswa. Misalnya, mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Pada mata pelajaran tersebut, salah satu elemen Capaian Pembelajarannya adalah menulis.

Pencapaian pembelajaran siswa fase E atau kelas 10 SMA dikatakan tercapai apabila mampu menulis berbagai teks untuk menyampaikan pendapat dan mempresentasikan serta menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi secara kritis dan etis.

Sementara untuk siswa fase F atau kelas 11 dan 12 SMA, Capaian Pembelajaran dalam hal menulis dikatakan tercapai apabila mampu menulis berbagai teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri untuk selalu berkarya dengan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai media untuk memajukan peradaban bangsa.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Kurikulum Merdeka Sma. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *