Pangsa Pasar: Pengertian dan Manfaat

Pangsa Pasar

Pangsa pasar- Market share atau pangsa pasar adalah sebuah informasi yang memberikan gambaran total penjualan dari suatu perusahaan terhadap segmen pasar tertentu. Biasanya data ditampilkan dalam bentuk persentase. 

Secara umum, pangsa pasar adalah data penjualan bisnis yang dibagi dengan total penjualan industri yang sama.

Dengan demikian, hasil dari cara menghitung pangsa pasar adalah persentase perbandingan antara satu bisnis dengan kompetitor bisnis lainnya yang sama. 

Informasi dari persentase pangsa pasar menjadi sebuah acuan bagi bisnis. Mereka dapat mengukur performa dan kualitas strategi bisnis yang dijalankan.

Pangsa pasar dan contohnya 

Pangsa pasar atau yang lebih dikenal dengan istilah market share merupakan bagian total permintaan terhadap sebuah produk oleh kelompok konsumen tertentu. 

Kelompok konsumen ini biasanya dibagi berdasarkan kategori tertentu, seperti usia, jenis kelamin, kelas ekonomi atau pendapatan, dan lain-lain.

Dalam definisi yang lain, pangsa pasar juga dapat diartikan sebagai persentase penjualan sebuah produk milik usaha Anda dibandingkan penjualan dari seluruh produk serupa lainnya di pasar tertentu. 

Untuk memahami lebih jelas mengenai konsep apa itu pangsa pasar, simak ilustrasi berikut ini. Sebutlah Anda merupakan penjual kwetiau di kota A. Namun, Anda bukan satu-satunya penjual kwetiau di wilayah tersebut. 

Nah, dari seluruh penjualan kwetiau yang ada di wilayah tersebut, berapa banyak penjualan yang berasal dari tempat Anda dan berapa banyak yang berasal dari pesaing Anda?

Perbandingan jumlah itulah yang kemudian disebut dengan pangsa pasar. Umumnya, market share dihitung dan dinyatakan dalam persentase. Adapun untuk mengetahui besarnya pangsa pasar dalam sebuah wilayah, Anda dapat melakukan perhitungan menggunakan rumus berikut:

Setelah mengetahui apa itu pangsa pasar, Anda kini dapat menjadikannya sebagai salah satu patokan atau indikator untuk mengembangkan bisnis. Sebab, pada dasarnya tujuan mengetahui pangsa pasar adalah untuk mengetahui seberapa baik dan berkembangnya usaha yang Anda jalani.

Dengan kata lain, market share dapat Anda gunakan sebagai parameter untuk melakukan evaluasi aktivitas bisnis. Setelah mengetahui pangsa pasar, 

Anda dapat meninjau sejumlah aspek lain, seperti strategi promosi yang Anda lakukan, persaingan harga yang Anda tawarkan, layanan purnajual yang Anda jaminkan, dan lain-lain.

Contoh Penerapan Pangsa Pasar

Penghitungan pangsa pasar sangat mudah. Anda hanya perlu mencari perbandingan jumlah penjualan perusahaan dengan total penjualan industri. Terutama jika perusahaan menggunakan jenis pangsa pasar absolut. 

Total penjualan industri inilah yang akan menjadi bagian 100%. Agar Anda lebih semakin paham dengan cara kerja pangsa pasar, perhatikan ilustrasi berikut ini.

Perusahaan Z Baby memiliki data penjualan bedak bayi dalam 1 periode fiskal atau 1 tahun senilai 80 miliar. Kemudian dalam satu periode yang sama, total penjualan untuk seluruh industri bedak bayi di Indonesia sebesar 100 miliar. 

Maka persentase pangsa pasar yang diperoleh adalah 80/100 dikali 100%, yaitu 80%. Sisanya, 11% terletak pada perusahaan M Baby dan 8% dimiliki oleh perusahaan C Baby, serta perusahaan lainnya yang bila digabungkan mencapai 1%.

Artinya, perusahaan Z Baby menguasai 80% pangsa pasar yang ada. Sehingga kebijakan dan keputusan yang diambil, termasuk dalam hal produksi dan pemasaran, kurang lebih akan memengaruhi perusahaan lainnya. 

Ilustrasi tersebut hanya contoh dan tidak berdasarkan data sebenarnya. Namun secara garis besar begitulah cara menghitung dan mengetahui nilai pangsa pasar perusahaan Anda.

Untuk datanya sendiri, perusahaan dapat memperolehnya dari laporan penelitian yang berkaitan. Atau bisa juga melalui asosiasi industri yang diikuti. Itulah kenapa penting juga bagi Anda melakukan analisis terhadap data di luar perusahaan.

Pangsa pasar adalah hal yang bisa menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan perusahaan. Apalagi jika perusahaan memiliki banyak kompetitor dalam satu lingkup pasar tertentu. Semakin luas pasar yang menjadi target, tidak selamanya penjualan juga akan meningkat.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang pangsa pasar, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *