Cyberspace: Pengertian dan Fungsi

Cyberspace

Cyberspace atau Dunia maya merupakan media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung).

Cyberspace atau dunia  ini merupakan integrase dari berbagai peralatan teknologi komunikasi dan jaringan computer (sensor,tranduser,koneksi,transmisi,prosesor,signal,kontroler) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi (computer,telepon genggam,instrumentasi,elektronik dan lain-lain) yang tersebar diseluruh penjuru dunia secara interaktif yang termediasi oleh internet.

Dalam hal ini bisa dibilang bahwa dunia maya atau cyberspace merupakan media yang tetap mengkalianlkan control penuh dari user atau penggunanya.

Pesatnya perkembangan teknologi dan kecanggihan internet saat ini, telah menjadi suatu bagian penting di kehidupan masyrakat.

Dengan munculnya internet ini banyak yang berharap akan munculnya orang-orang cerdas,berani dan kreatif yang mampu memanfaatkan dunia maya sebagai wadah untuk membangun kesadaran publik untuk masa depan yang lebih baik.

Bagi individu yang sadar diri, mereka menggangap dunia maya yang disediakan internet jelas bisa digunakan sebagai medan pertempuran virtual bahkan dapat menjadi sesuatu yang individu inginkan.

Cyberspace adalah

Cyberspace adalah suatu ekosistem biolektronik di semua tempat yang memiliki telepon, kabel coaxial, fiber optic atau elektromagnetik waves.

Lebih tepatnya dunia maya itu adalah sesuatu hal yang ada di dalam internet (dalam hal ini jaringan yang saling terhubung), berupa teks, gambar, audio, video, animasi, atau apapun dalam bentuk digital (Dysson 1994).

Dunia maya sekarang intensitasnya hampir sama dengan dunia nyata, bahkan dengan kemajuan teknologi belakangan ini sangat memungkinkan intensitasnya lebih banyak daripada dunia nyata (Di kemudian hari).

Ada banyak hal yang sudah terjadi di dunia maya, dari mulai isu HOAX yang semakin merajalela, sampai dengan yang paling parah yaitu perselisihan yang dimulai dari dunia maya dan di selesaikan di dunia nyata (dan parahnya bisa menjadikan dendam).

Hal tersebut sangat memprihatinkan, karena banyak sekali orang yang tersulut emosi hanya karena tulisan, icon, gambar, foto, bahkan sampai dengan video.

Cyberspace adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada lingkungan virtual yang terbentuk melalui jaringan komputer. Dalam cyberspace, pengguna dapat berinteraksi, berbagi informasi, dan melakukan transaksi secara elektronik melalui internet. Ini mencakup berbagai platform dan aplikasi online seperti situs web, media sosial, forum diskusi, dan lain-lain.

Konsep cyberspace juga mencakup semua data dan informasi yang tersimpan dan diakses melalui jaringan. Ini termasuk dokumen, gambar, video, file audio, dan segala jenis konten digital lainnya. Dalam cyberspace, pengguna dapat mencari, mengakses, dan berbagi informasi dengan mudah tanpa terbatas oleh batasan geografis.

Namun, cyberspace juga melibatkan risiko keamanan yang serius, seperti serangan siber, pencurian identitas, dan kejahatan siber lainnya. Oleh karena itu, penting bagi pengguna cyberspace untuk menjaga keamanan dan privasi mereka dengan menggunakan langkah-langkah perlindungan seperti penggunaan sandi yang kuat, perangkat lunak antivirus, dan kehati-hatian dalam berbagi informasi pribadi secara online.

Dengan pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi, cyberspace menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. Ini telah mengubah cara kita berkomunikasi, bekerja, belajar, berbelanja, dan berbagai kegiatan lainnya. Cyberspace juga menjadi platform yang kuat untuk menyampaikan ide, mempromosikan bisnis, dan membangun hubungan sosial.

Etika dan sopan santun dalam ber-teknologi, bisa di jabarkan sebagai berikut :

  • Hindari isu SARA ( Suku Agama Ras dan Antar Golongan)

Hargai dan hormatilah seseorang yang “berbeda” dengan kalian, baik dari fisik, keyakinan, ataupun latar belakang. Karena dengan menghargailah, akan menentukan sikap dan perilaku kalian.

  • Filter BC (BroadCast) dari orang lain

Setiap kali ada Broadcast dari sosial media, chat, ataupun grup chat, silahkan di filter dulu, jangan asal di copas dan dikirim ulang. Karena, apapun yang kalian posting, chat, ataupun publish itu secara tidak langsung kalian ikut terlibat dalam kebenaran ataupun kesalahan berita / kabar tersebut.

  • Hindari Bullying

Bullying (tindakan di mana satu orang atau lebih mencoba untuk menyakiti atau mengontrol orang lain) tidak hanya ada di dunia nyata, sekarang di dunia maya pun ikut ramai dengan isu tersebut.

Ketika kalian mencoba untuk mem-bully seseorang, cobalah kalian pikir dahulu, karena efek dari bullying itu sangat berbahaya.

Bullying itu biasanya terjadi di grup (baik chat, ataupun media sosial) karena perilaku tersebut (bullying) digunakan untuk ajang memamerkan kekuatan ataupun kekuasaan agar di lihat / di perhatikan orang lain.

Salah satu contoh dari bullying adalah memojokkan seseorang agar orang yang terkena bully tersebut terlihat salah, bodoh, atau  tidak punya kelebihan apa-apa.

Efek dari bullying itu bisa membuat orang yang terkena bully bisa menjadikan drop mental, tersisih, dan bahkan bisa membuat minder orang tersebut. Banyak sekali efek dari bully, yang ramai di media sampai dengan bunuh diri. Sangat Menyedihkan…!!!

  • Perlakukan dunia maya sama dengan dunia nyata

Karena dunia maya sekarang sudah melibatkan perasaan manusia, baiknya gunakan akal dan perasaan juga ketika ingin posting, komen, atau chat.

Ibaratkan ketika kalian memulai percakapan ataupun posting sesuatu, pastikan bahwa orang/ kelompok yang kalian ajak obrol itu ada di depan kalian, sehingga kalian tau cara berkomunikasi yang baik dan benar, agar tidak menyinggung atau mengganggu orang yang kalian ajak berkomunikasi.

  • Ber”kaca”lah

Ajaran etika yang paling baik adalah sering berkacalah, karena dengan begitu kalian akan sering berinteropeksi diri, sehingga apapun yang dilakukan akan selalu mawas diri. Apapun yang kalian lakukan, ucapkan, dan diskusikan itu mencerminkan diri kalian sendiri.

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai cyberspace, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *