Management Training – Manfaat Untuk Mengasah Keahlian

Management Training

Management training artinya pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tertentu, di mana pelatihan ini biasanya diikuti oleh para fresh graduate yang ingin mengasah skill mereka untuk terjun ke dunia kerja. 

Jika merujuk pada Indeed, maka tujuan dari management training adalah untuk melatih orang-orang yang akan bekerjasama dengan para manajer perusahaan dan juga eksekutif lainnya di dalam perusahaan tersebut. 

Jika sudah lulus menjalani program MT, maka yang bersangkutan diharapkan bisa menjadi seorang manajer yang akan mengurus berbagai hal di perusahaan tersebut, sesuai dengan bidang yang ditekuninya sejak awal. 

Secara tidak langsung, program management training ini akan membuka peluang yang lebih besar untuk menjadi manajer di sebuah perusahaan. 

Management training program 

Management Trainee adalah salah satu program perekrutan karyawan baru. Di program ini, kandidat yang lolos akan mendapatkan pelatihan dan pengetahuan tentang unit bisnis dan profil perusahaan. 

Tujuan dari program ini adalah untuk melatih dan mempersiapkan karyawan baru yang memiliki kualitas untuk ditempatkan di level manajerial perusahaan. Durasi latihannya tergantung kebijakan setiap perusahaan, bisa 1 tahun atau 2 tahun.

Pelatihan dan pengetahuan yang diberikan tentang semua proses operasional perusahaan, pengendalian bisnis, keterampilan perencanaan, manajemen risiko, perencanaan dan manajerial. Dalam pelatihan ini, kamu akan diawasi dan dievaluasi oleh supervisor atau manager.

Selain pelatihan teori, kamu juga akan mendapatkan on the job training atau praktik kerja langsung dengan mengikuti kegiatan perusahaan sehari-hari. Kamu bisa belajar dengan sesama trainee atau dengan senior di perusahaan tersebut.

Contoh program Management Trainee di berbagai perusahaan adalah:

  • Management Trainee STAR Nestle
  • Management Associate Program Ruangguru
  • Management Trainee Paragon dan Paragon Leader Development Program
  • Unilever Future Leaders Programme
  • Officer Development Program (biasanya di perusahaan perbankan)
  • Global Leaders Program Shopee
  • Great People Trainee Program (GPTP) Telkom Indonesia
  • Dan masih banyak lagi.

Management training system 

Setelah mengikuti Training Management System, peserta diharapkan memiliki pengetahuan untuk:

  • Pemahaman tentang peran training, dan arti dari sebuah training yang berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
  • Pengetahuan tentang cara memilih program yang tepat untuk orang yang tepat, yaitu pengetahuan & keterampilan tentang teknik & metode  identifikasi dan analisa kebutuhan training (Training Needs Assessment)
  • Pengetahuan tentang cara menerjemahkan hasil TNA ke dalam Perencanaan yang matang & realistik, dan menerjemahkan Training Plan ke dalam Action Plan untuk Penyelenggaraan Program, termasuk pengetahuan & keterampilan tentang cara Merancang Materi Training.(Training Management System)
  • Pengetahuan tentang berbagai Teknik & Metode Memberi Training sesuai dengan jenis dan materi yang diberikan.(Training Management System)
  • Mengenal hal-hal yang menjadi hambatan yang membuat tidak berhasilnya Program Training, dan bagaimana cara mengantisipasi dan mengatasinya.(Training Management System)
  • Pengetahuan tentang cara Merancang Sistem dan Mekanisme Monitoring & Evaluasi hasil Training di tempat kerja. (Training Management System)

 

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang management training, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *