Business Development (Tugas dan Fungsinya(

Business Development

Business Development Jaya Di Masa Muda – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Business Development.

Business Development Adalah Pembentukan Nilai Perusahaan

Business Development merupakan sebuah kata yang diberikan terhadap sebuah proses pembentukan nilai perusahaan dalam jangka panjang yang menghubungkan pelanggan, pasar, dan relasi.

Business Development memiliki sebuah peran penting dalam menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus berkembang melalui optimasi tiga faktor yakni :

  1. pelanggan,
  2. pasar dan
  3. relasi.

Pembentukan proses nilai ini, Business Development ini dapat berupa revenue, citra perusahaan, brand awareness atau apapun yang menjadi tujuan sebuah perusahaan.

Business Development ini juga memiliki sebuah tantangan. Tantangan ini mengharuskan seorang pekerja ini mampu mengidentifikasi peluang dan membuat terobosan yang menguntungkan perusahaan untuk jangka panjang.

Business Development memiliki tugas-tugas penting yakni sebagai berikut.

  • Memonitor perkembangan pasar
  • Riset untuk menentukan target pasar
  • Memahami produk perusahaan
  • Berkoordinasi dengan divisi lain untuk mengembangkan produk
  • Menyusun dan mempresentasikan strategi pengembangan bisnis

Business Development Executive

Business development executive pada Business Development ini adalah senior manager yang memiliki tugas untuk membantu pertumbuhan bisnis.

Business development executive ini dikenal sebagai high-level professional sales.

Business development executive ini bekerja untuk menemukan customer baru untuk perusahaan dan menjual produk-produk tambahan atau jasa ke customer yang sudah ada.

Business development executive sangat krusial bagi perusahaan yang memiliki ambisi untuk memperluas perusahaannya seperti membuka cabang baru atau membuat program franchise.

Business development executive tidak hanya bertugas untuk melakukan pendekatan terhadap 1 pihak saja. Mereka bisa juga melakukan pendekatan dengan bentuk business-to-business, business-to-customer, bahkan kepada non-profit-organization.

Seorang business development executive memiliki 3 tugas utama, yakni :

  • mengidentifikasi petunjuk penjualan baru
  • melakukan pitching produk atau jasa
  • memelihara hubungan baik dengan customer yang sudah ada

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai business development. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *