PPG Prajabatan SIMPKB, Begini Cara Daftarnya!

PPG Prajabatan SIMPKB

PPG Prajabatan simpkb – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) membuka program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan.

Lulusan PPG Prajabatan nantinya akan memiliki kepastian kedepan nya untuk direkrut menjadi guru. 

PPG Prajabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan bagi lulusan Sarjana maupun Diploma IV, 

Baik dari pendidikan maupun non kependidikan bagi calon guru untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Manfaat mengikuti PPG Prajabatan yaitu memperoleh sertifikat pendidik, Meningkatkan kompetensi pedagogik, sosial, profesional dan kepribadian untuk memulai karier sebagai guru profesional, Serta memperoleh pengakuan sebagai guru profesional.

SIMPKB adalah program pemerintah yang ditujukan untuk guru yang ada di seluruh Indonesia. Program ini memiliki tujuan untuk mengambangkan kualitas profesi seorang guru dalam rangka menciptakan mutu pendidikan yang lebih baik dan berkualita

Program PPG Prajabatan akan dilaksanakan dengan durasi selama dua semester, dengan biaya pendidikan tiap semesternya sebesar Rp 8,5 juta. 

Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi sebagai mahasiswa PPG Prajabatan  akan diberikan beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan sebesar Rp 17 juta yang bisa digunakan untuk perkuliahan selama dua semester atau satu tahun pelajaran.

Untuk bisa lolos sebagai mahasiswa PPG Prajabatan , pelamar harus melewati beberapa tahap tes seleksi dengan berbagai tes yaitu tahap seleksi administrasi, Tes Substantif 

Dan Tes wawancara yang bertujuan untuk mengetahui kompetensi calon pelamar secara personal dan profesional yang dilakukan secara online melalui media virtual meeting.

PPG prajabatan simpkb pendaftaran 

Berikut merupakan tata cara pendaftaran dan seleksi untuk mengikuti PPG Prajabatan  melalui laman SIMPKB:

  1. Calon mahasiswa wajib memiliki alamat pos elektronik (email) yang aktif.
  2. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran awal melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id , kemudian memilih menu daftar PPG Prajabatan Tahun 2022
  3. Calon mahasiswa membuat akun pendaftaran aplikasi SIMPKB
  4. Pendaftaran lanjutan dengan cara login pada aplikasi SIMPKB dengan menggunakan username dan password yang telah dikirimkan melalui email meliputi:
  5. Biodata diri;
  6. Data kemahasiswaan
  7. Bidang studi PPG;
  8. Data pendukung lainnya, seperti pengalaman mengikuti pelatihan, berorganisasi, menjadi sukarelawan dalam bidang pendidikan, melatih/mengembangkan orang lain dan hobi;
  9. Pilihan lokasi tempat pelaksanaan tes substantif secara luring;
  10. Mengisi pertanyaan esai;
  11. Mengunggah dokumen antara lain:
  12. Foto terbaru berpakaian formal (kemeja putih dan berdasi) dan berlatar belakang warna biru. Ukuran file maksimal 1Mb.
  13. Pakta integritas yang telah ditandatangani di atas materai Rp. 10.000,00 (sepuluh ribu rupiah
  14. Bagi calon mahasiswa lulusan Luar Negeri mengunggah SK Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dan transkrip asli dari Perguruan Tinggi asal.
  15. Verifikasi data IPK dan linieritas Program Studi S-1/D-IV dengan bidang studi PPG yang dipilih dilakukan secara sistem, dan jika dinyatakan valid/linier, maka wajib mengisi pertanyaan esai pada angka 4 poin f. Jika tidak valid/linier, maka proses pendaftaran tidak dapat dilanjutkan.
  16. Calon mahasiswa melakukan pembayaran biaya untuk mengikuti tes substantif setelah semua data administrasi dinyatakan memenuhi syarat. Mekanisme pembayaran dilakukan sesuai petunjuk yang tertera pada aplikasi SIMPKB. Pembayaran yang terverifikasi berhasil akan lanjut untuk proses penempatan lokasi untuk tes substantif.

PPG prajabatan simpkb login  

Berikut ini adalah cara login SIMPKB untuk pendaftaran seleksi PPG Prajabatan:

  1. Masuk ke laman https://ppg.kemdikbud.go.id/ 
  2. Pilih tombol “Daftar PPG Prajabatan”.
  3. Selanjutnya, pilih peran “Daftar Sebagai peserta”.
  4. Masukkan alamat email aktif. Jangan lupa cek kotak “saya bukan robot”.
  5. Selanjutnya system akan mengirimkan tautan/link ke email yang dimasukkan di tahap 4
  6. Lalu cek email anda. anda akan mendapat email noreply dari SIMPKB
  7. Cara selanjutnya adalah klik tautan/link yang ada di dalam email dari SIMPKB
  8. Terakhir lanjtkan dengan pengisian data dan informasi yang diminta pada laman SIMPKB.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang ppg prajabatan simpkb, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Baca Juga:

Cara Daftar PPG Prajabatan 2023

Pendidikan Profesi Guru Universitas Terbuka 2023

8 Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru Prajabatan

Pendidikan Profesi Guru UNY (Terakreditasi A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *