Mata Kuliah Pendidikan Agama Katolik

Mata Kuliah Pendidikan Agama Katolik

Mata kuliah pendidikan agama katolik – Pendidikan Agama Katolik merupakan mata kuliah yang mempersiapkan sarjana-sarjana yang beriman kepada Allah menurut pola Yesus Kristus dengan senantiasa mempertanggungjawabkan imannya dalam hidup menggereja.

Dan bermasyarakat melalui komprehensivitas materi (pribadi, Yesus Kristus,Gereja, Masyarakat) dan kontekstualisasi.

Deskripsi mata kuliah pendidikan agama katolik

Mata kuliah Pendidikan Agama Katolik ini membahas pokok-pokok ajaran iman Katolik dengan tujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi yang utuh dalam iman akan Yesus Kristus,

Antara lain pemahaman dasar pokok-pokok iman Katolik serta kemampuan menginterpretasikan dan menerapkan imannya untuk bersikap dan berperilaku sebagai saksi Kristus.

Oleh karena itu, serangkaian materi yang relevan disajikan untuk melatih kepekaan mahasiswa dalam menanggapi fenomena di berbagai bidang dan keprihatinan dalam hidup menggereja, seperti perkawinan dan keluarga Katolik,

Maupun dalam hidup kemasyarakatan sehari-hari, seperti hukum, moral, budaya, iptek dan kesenian, politik, dan kerukunan antar umat beragama, serta hidup dengan beriman dewasa sebagai warga masyarakat dan warga Gereja.

Keberhasilan proses pembelajaran mandiri mahasiswa didukung oleh keaktifan dalam berpartisipasi pada tutorial online (tuton) yang ditawarkan setiap semester. Ketercapaian hasil belajar mahasiswa akan diukur melalui ujian akhir semester.

Kompetensi mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami dirinya dari segi asal-usul dan tujuan hidupnya sebagai citra Allah yang beragama dan beriman akan Kristus serta sebagai Gereja diutus untuk melanjutkan karya keselamatan di tengah masyarakat.

Berikut ini mata kuliah pendidikan agama katolik yaitu mata kuliah pengembangan kepribadian, mata kuliah keilmuan dan keterampilan, mata kuliah keahlian berkarya, mata kuliah perilaku berkarya dan mata kuliah kehidupan bermasyarakat.

Pendidikan agama katolik di perguruan tinggi menjadi sarana memampukan mahasiswa menjalani proses penghayatan dan kedewasaan iman dalam konteks kehidupan di berbagai bidang antara lain politik, moral, kesenian, ilmu pengetahuan, budaya dan hukum.

Konsep-konsep tersebut diharapkan dapat mempersiapkan pribadi mahasiswa yang utuh sebagai saksi Kristus di tengah masyarakat.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang mata kuliah pendidikan agama katolik, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya. See you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *