Kimia Hijau Adalah

Kimia Hijau Adalah

Kimia hijau adalah  salah satu bidang kimia yang berhubungan dengan desain dan optimalisasi proses serta produk guna untuk menurunkan atau menghilangkan sama sekali produksi dan juga penggunaan zat racun tentunya.

Kimia hijau ini sering disebut dengan kimia yang berkelanjutan. Kemudian bidang kimia ini tidak bisa disamakan dengan kimia lingkungan tentunya.

Di dalamnya terdapat desain produk dan proses kimia untuk mengurangi atau menghilangkan penggunaan dan pembentukan beragam senyawa berbahaya.

Hal yang paling penting anda ketahui bahwa kimia hijau adalah suatu filosofi yang senantiasa mendorong untuk mencari cara, penerapan teknologi atau metode tertentu dalam pemenuhan kebutuhan manusia..

Kimia hijau dimaksudkan untuk membuat berbagai kemudahan dalam kelangsungan kehidupan dengan mengurangi dan mencegah terjadinya potensi pencemaran pada lingkungan maupun pada area sekitarnya, baik yang sifatnya jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Tujuan atas pemberlakukan undang-undang ini tentunya untuk membantu menciptakan model, teknologi dan inovasi, serta kreativitas yang berkaitan dengan timbulnya masalah pencemaran, agar potensi pencemaran dapat tercegah sebelum terjadi masalah yang sifatnya akut maupun kronis

Menurut Dina Mustafa dalam jurnal berjudul Kimia Hijau dan Pembangunan Kesehatan yang Berkelanjutan di Perkotaan, kimia hijau atau green chemistry adalah suatu pendekatan terhadap perancangan, proses pembuatan, dan pemanfaatan produk-produk kimia.

Menurut Mitarlis, kimia hijau adalah suatu falsafah atau konsep yang mendorong desain dari sebuah produk ataupun proses yang mengurangi ataupun mengeliminasi penggunaan dan penghasilan zat-zat (substansi) berbahaya

Selanjutnya menurut Prabawati, kimia hijau adalah meminimalisasi zat berbahaya, penggunaan katalis reaksi dan proses kimia, penggunaan reagen yang tidak beracun, penggunaan sumber daya yang dapat diperbaharui, peningkatan efisiensi atom, penggunaan pelarut yang ramah lingkungan dan dapat di daur ulang.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kimia hijau adalah ide untuk membuat produk atau proses kimia untuk mengurangi atau menghilangkan penggunaan dan pembentukan beragam senyawa yang berbahaya bagi kehidupan manusia serta lingkungan

Kimia Hijau Adalah Bidang Ilmu Kimia Yang Berfokus Pada Penanganan

Penerapan kimia hijau dalam hal penemuan atau inovasi akan membawa kepada proses dan produk yang aman di dalam ekosistem alami, dan mudah terurai, sehingga menjadi zat gizi untuk alam atau dapat didaur ulang. Ada pun beberapa di antaranya, yakni:

  • Cat ramah lingkungan
  • Plastik ramah lingkungan

Nah demikianlah artikel tentang kimia hijau adalah, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *