Biaya Peluang Adalah

Biaya Peluang Adalah

Biaya peluang adalah biaya yang muncul karena hilangnya kesempatan akibat dari pemenuhan suatu kebutuhan lain.

Dikutip dari buku aspek dasar ekonomi mikro karya Tri Kunawangsih Pracoyo dan Antyo Pracoyo, pilihan yang dibuat oleh seseorang akan mengakibatkan pengorbanan pada pilihan yang lain dan menimbulkan biaya peluang.

Biaya peluang akan muncul karena sumber daya ekonomi yang terbatas sehingga memaksa seseorang untuk memilih suatu hal yang lebih memberikan manfaat yang besar.

Biaya ini tidak hanya mencakup materi riil atau uang saja, tetapi bisa juga berupa keuntungan di masa depan, waktu, kesenangan, dan lain lain.

Biaya peluang adalah dan contohnya

Biaya peluang adalah salah satu istilah yang akan kamu dengan jika mempelajari ilmu ekonomi. Dalam ilmu ekonomi, hal ini juga biasa dikenal dengan sebutan opportunity cost.

Contoh 1:

PT Selalu Bahagia memiliki sumber daya berupa gedung sebagai aset perusahaan. Perusahaan ini memiliki dua alternatif pilihan. Pertama, menggunakan gedungnya sebagai toko untuk memasarkan barang dan jasanya.

Kedua, menyewakan gedung itu. Jika disewakan, PT Selalu Bahagia bisa mendapat keuntungan sebesar Rp 500.000.000 per tahunnya. Namun, jika tidak disewakan, berarti perusahaan itu harus menanggung biaya peluang untuk menggunakan gedungnya sebagai toko

Contoh 2:
Kristine adalah seorang lulusan D3 yang sedang merintis usaha bakso dengan penghasilan bersih 50 juta/tahun. Lalu, Kristine mempertimbangkan pendidikannya untuk meneruskannya ke jenjang S1.

Salwa merasa bahwa usaha bakso yang dijalani Kristine akan mengalami peningkatan yang tinggi jika memiliki pendidikan yang tinggi juga. Maka dari itu, dia memutuskan untuk menghentikan sementara usaha baksonya dan fokus untuk kuliah.

Maka dari itu, Kristine akan kehilangan penghasilan 50 juta per tahun tersebut. Jadi, biaya peluang untuk kuliah S1 adalah sebesar penghasilan yang hilang dari usaha bakso. Penghasilan yang hilang tersebut akan dianggap sebagai biaya peluang untuk melanjutkan pendidikannya di tingkat S1

Biaya peluang adalah ekonomi

Biaya peluang merupakan biaya yang harus dikeluarkan atau dikorbankan karena melepas sebuah kesempatan demi memilih kesempatan lain. Jika sebuah kebutuhan langka maka kamu harus mencari alternatif lain agar kebutuhan tersebut tetap terpenuhi, bukan?

Selain itu, biaya peluang juga dapat muncul karena sumber daya ekonomi yang terbatas. Keterbatasan tersebut biasanya muncul dari individu atau perusahaan, seperti keterbatasan uang, waktu, tenaga, dan sebagainya.

Oleh karena itu, biaya peluang juga disebut sebagai biaya alternatif terbaik setelah pilihan pertama yang tidak dapat dipilih

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang biaya peluang adalah semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *