Berikut Ini Hakikat Kewarganegaraan

Hakikat Kewarganegaraan

Hakikat kewarganegaraan merupakan ilmu yang mempelajari tentang keindonesiaan, belajar untuk menjadi manusia yang memiliki berkepribadian Indonesia tentunya, yang membangun rasa kebangsaan dan juga mencintai tanah air Indonesia.

Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu pelajaran yang dipelajari oleh setiap pelajar di Indonesia. Dan tujuan pendidikan kewarganegaraan yang utama adalah untuk membentuk civics inteliegence.

Pada hakikat kewarganegaraan ini merupakan sebuah metode pendidikan yang bersumber pada nilai – nilai pancasila sebagai kepribadian bangsa demi meningkatkan serta melestarikan keluharaan moral dan juga perilaku masyarakat yang bersumber pada budaya bangsa tentunya.

Dan kemudian hakikat kewarga negaraan ini merupakan mata pelajaran yang tentunya memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam dari segi agama, sosiokultural, bahasa, usia dan juga suku bangsa untuk menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas dan terampil serta berkarakter.

Hal ini tentunya dilandasi oleh pancasila dan juga UUD 1945 tentunya. Kemudian pada umumnya hakikat kewarganegaraan ini tentunya mempunyai tujuan, tujuan dari hakikat kewarganegaraan ini secara umum yaitu bertujuan untuk mendidik setiap warga Negara agar menjadi warga Negara yang baik yang terlukis dalam sebuah tulisan somantri.

Menurut Kemendikbud secara hakikat kewarga negaraan ini merupakan sarana pembelajaran yang bersumber dari nilai – nilai pancasila sebagai kepribadian bangsa tentunya.

Hal ini diperlukan supaya masyarakat bangsa Indonesia mempunyai kesadaran untuk mencintai tanah air serta mempunyai watak, sifat dan karakter yang sesuai dengan pancasila tentunya.

#1. Hakikat Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi

Hakikat kewarganegaraan di perguruan tinggi ini tentunya mempunyai misi yang sangat penting tentunya yaitu untuk membantu mahasiswa memantapkan kepribadiannya agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai – nilai dasar pancasila.

Kemudian mempunyai misi selanjutnya yaitu mempunyai rasa kebangsaan dan cinta tanah air dalam menguasai dan menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni dengan rasa tanggung jawab.

#2. Hakikat Kewarganegaraan Secara Etimologis

Untuk mengetahui hakikat ke warganegaraan secara etimologis ini sangat gampang. Perlu anda ketahui bawah hakikat kewarganegaraan secara etimologis ini tentu akta yang berasal dari hakikat kewarganegaraan.

Secara etimologis, pendidikan kewarganegaraan berasal dari kata pendidikan dan juga kewarganegaraan tentunya.

Pendidikan yang berate usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.

Nah sedangkan kewarganegaraan merupakan segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga Negara tentunya.

Nah demikianlah artikel ini, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *