Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP 2022

Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP

Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP – Bahan ajar merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi  materi, metode, batasan-batasan dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Bahan ajar akan mengurangi beban guru dalam menyajikan materi (tatap muka), sehingga guru lebih banyak waktu untuk membimbing dan membantu pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Bahan ajar bisa digunakan untuk modul ajar sekolah penggerak dalam melengkapi komponen modul ajar sekolah penggerak kurikulum 2022. Salah satu perangkat ajar pada kurikulum merdeka adalah modul ajar.

Modul ajar adalah dokumen yang terdiri dari tujuan, langkah dan media pembelajaran serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran.

Kriteria yang harus dimiliki modul ajar yaitu esensial: Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin; menarik, bermakna dan menantang.

Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.

Relevan dan kontekstual: Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks waktu dan tempat peserta didik berada.

Berkesinambungan: Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

Implementasi kurikulum merdeka melalui jalur mandiri pada tahun ajaran 2022/2023 dimulai dari usia 5 (lima) sampai dengan 6 (enam) tahun pada pendidikan anak usia dini, serta peserta didik kelas I, Kelas IV, Kelas VII, dan kelas X pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Satuan pendidikan pelaksana implementasi kurikulum merdeka jalur mandiri tahun ajaran 2022/2023 terdiri dari 3 (tiga) kategori pelaksanaan implementasi yaitu mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi.

Hari ini mimin akan bagikan link untuk Modul ajar kurikulum merdeka smp, yang bisa teman-teman pelajari sendiri, silahkan disimak.

Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP:

Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Prakarya (Unduh)

Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP Bahasa Indonesia (unduh)

Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP PPKN (Unduh)

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang modul ajar kurikulum merdeka smp semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *