Pentingnya Penggunaan Ad Art Koperasi Sekolah

Ad Art Koperasi Sekolah

Akreditasi.org, Pentingnya Penggunaan ad art koperasi sekolah – Hallo sobat mimin yang sedang mencari informasi seputar ad art koperasi sekolah. Nah pada kesempatan kali ini mimin akan menjabrkan ulasan seputar ad art koperasi sekolah.  Yuk simak terus guys!!!

Ad art koperasi sekolah adalah keseluruhan rangkaian aturan untuk mengatur secara langsung kegiatan dalam koperasi kemudian juga mengatur tentang hubungan antara koperasi sebagai sebuah organisasi dengan para anggotanya. 

Pengertian AD atau Anggaran dasar  dapat juga dimaknai sebagai sebuah tata tertib kemudian ART atau Anggaran Rumah Tangga memliki arti sebagai  dasar dari seluruh pengelolaan koperasi berikut ini poin-poinnya.

  1. Daftar nama-nama pendiri koperasi
  2. Nama Koperasi dan tempat kedudukan dari koperasi
  3. Maksud dan tujuan serta terdapat juga  bidang usaha yang dijalankan
  4. Ketentuan mengenai pelaksanaan rapat anggota
  5. Ketentuan yang menyangkut keanggotaan
  6. Ketentuan  permodalan Koperasi
  7. Ketentuan mengenai jangka waktu
  8. Ketentuan sanksiterhadap pelanggaran
  9. Ketentuan mengenai cara pembagian SHU, bisa dilihat di posting cara menghitung SHU
  10. Ketentuan mengenai bagaimana pengelolaan koperasi

 Anggaran dasar koperasi hanya berupa ketentuan-ketentuan pokok tentang tata laksana organisasi, cara kerja, kegiatan usaha, dan juga kewajiban-kewajiban resiko menjadi  tanggunagan  apabila terjadi sesuatu yang dapat menyebabkan berhentinya organisasi koperasi.

Siapa sebenarnya yang membuat ad art koperasi?

Sesuai dengan yang  dinyatakan dalam pasal 23 Undang-Undang nomor 25 Tahun 1992, pihak yang berwenang menetapkan AD koperasi adalah melalui Rapat Anggota berarti anggota koperasi itu sendiri.

Lalu, coba Jelaskan apa sebenarnta  fungsi dari anggaran dasar atau anggaran rumah tangga dalam sebuah koperasi?

FUNGSI AD/ADRT  ada 2 yaitu: 

  1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga untuk sebuah organisasi  yang berfungsi menggambarkan mekanisme kerja suatu organisasi.
  2. Anggaran Dasar  juga berfungsi sebagai DASAR pengambilan sumber peraturan / hukum dalam konteks tertentu dalam organisasi.

Lalu yang dimaksud koperasi sekolah dan apa saja membedakannya dengan jenis koperasi lainnya?

Koperasi sekolah pada hakikatnya  adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah kemudian terdiri dari anggota-anggotanya terdiri atas siswa sekolah. Koperasi sekolah jugadidirikan pada berbagai tingkatan sesuai jenjang pendidikan, seperti koperasi sekolah dasar, koperasi sekolah menengah pertama, dan seterusnya. Nah jelas bedanya kan sekarang bedanya koperasi sekolah dangen koperasi yang ada di tengah masyarakat umum.

Berikut ini contoh  ad art koperasi sekolah yang dapat kamu pedomani saat menyususn ad art sekolah mu:

1. Ad art koperasi sekolah SMPN 4 Sakan Sukamara 

Lihat di http://www.smpn4satapsukamara.com/2021/09/ad-art-koperasi-sekolah-aneka.html

2. Ad art koperasi sekolah “Al Makmur” SMA Negeri 3 Sukadana

Lihat di https://pdfcoffee.com/ad-art-koperasi-siswa-pdf-free.html

3. Ad art koperasi sekolah “Ganesha” SMA Negeri Bukit Kemuning

Lihat di https://docplayer.info/47224825-Ad-art-koperasi-sekolah-rancangan-anggaran-dasar-koperasi-ganesha-sma-negeri-1-bukitkemuning.html

Demikianlah yang dapat mimin sampaikan mengenai ad art koperasi sekolah. Semoga dapat membantu teman-teman sekalian. Sekian dan jangan lupa share ya guys artikel ini keteman-temannya. Terimakasih  

ad/art koperasi sekolah smp ad/art koperasi sekolah pdf ad/art koperasi sekolah sd ad/art koperasi sekolah sma ad art koperasi sekolah mts ad/art koperasi sekolah smk contoh ad/art koperasi sekolah download ad/art koperasi sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *