Rumus Medan Magnet Lengkap Dengan Contoh Soal dan Pembahasannya

Rumus Medan Magnet

Rumus Medan Magnet, Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet. Gaya magnet ini sendiri seperti yang kalian ketahui ada 2 jenis, tarik-menarik dan tolak-menolak.

Medan magnet juga ditemui di daerah sekitar kawat yang dialiri arus Hal ini ditemukan dengan tidak sengaja oleh Hans Christian Oersted (1770-1851) yang sedang mengajar mahasiswanya. 

Pak Oersted menemukan kalau ternyata di sekitar kawat berarus listrik jarum kompas yang menggunakan basis magnet akan bergerak. Penyimpangan jarum kompas ini akan semakin besar seiring dengan semakin besarnya arus listrik yang mengalir pada kawat. 

Arah pergerakan jarum kompas ini ternyata juga bergantung pada arah arus listrik yang mengalir. Ketika serbuk besi ditaburkan di sekitar magnet,serbuk besi tersebut akan membentuk pola tertentu. Pola yang terbentuk tersebut menandakan adanya medan magnet.

Paku-paku besi yang diletakkan dekat magnet akan ditarik oleh magnet. Kutub-kutub jarum kompas kedudukannya dapat berubah jika didekatkan pada magnet. 

Gejala terbentuknya pola serbuk besi di sekitar magnet, tertariknya paku besi dan berubahnya kedudukan kutub-kutub jarum kompas disebabkan oleh adanya gaya yang ditimbulkan oleh kutub magnet.

Ruangan tempat paku atau atau jarum kompas berada disebut medan gaya. Gaya yang menyebabkan paku menempel dan berubahnya kedudukan kutub-kutub jarum kompas ditimbulkan oleh magnet, maka medan gaya tersebut disebut medan magnet.

Rumus Medan Magnet Pada Kawat Melingkar 

Besar medan magnet pada kawat melingkar sendiri bisa dipengaruhi oleh besar arus listrik dan juga jari-jari lingkaran kawat. Semakin besar arus listrik yang diberikan, semakin kecil jari-jari lingkaran kawat maka semakin besar gaya medan magnet pada kawat melingkar.

Besarnya daya medan magnet pada kawat melingkar berarus listrik dapat dirumuskan sebagai berikut :

Rumus Medan Magnet

Rumus Medan Magnet

Dengan keterangan sebagai berikut 

B  : Medan magnet (T atau Wb/m²)

I    : Kuat arus listrik (A)

r   : Jarak titik ke kawat (m)

μ0: Permeabilitas vakum (4 x 10⁻⁷ Wb/Am)

N : Jumlah lilitan

Contoh Soal Medan Magnet Pada Kawat Melingkar

Diketahui sebuah kawat melingkar memiliki jari-jari sebesar 10 cm dialiri arus 4 A dengan banyak lilitan kawat 8 lilitan. Coba hitung berapa besar gaya medan magnet kawat tersebut?
(μ0= 4 x 10⁻⁷ Wb/Am)

Pembahasan:

Kita gunakan rumus medan magnet kawat melingkar diatas, yaitu

Rumus Medan Magnet

Rumus Medan Magnet Kawat Lurus

Arah arus listrik disimbolkan sebagai I dan arah medan magnet disimbolkan sebagai B.

Besarnya daya kuat medan magnet pada kawat lurus dapat dirumuskan sebagai berikut

Rumus Medan Magnet

B  : Medan magnet (T atau Wb/m²)

I    : Kuat arus listrik (A)

r   : Jarak titik ke kawat (m)

μ0: Permeabilitas vakum (4 x 10⁻⁷ Wb/Am)

N : Jumlah lilitan

Contoh Soal Medan Magnet Kawat Lurus 

kawat lurus yang dialiri arus listrik menghasilkan medan magnet yang homogen untuk jarak yang sama dari kawat tersebut. Medan magnet itu membentuk lingkaran yang mengelilingi kawat. Arahnya ditentukan menggunakan kaidah tangan kanan.

Diketahui sebuah kawat lurus panjang dialiri arus sebesar 4A. Coba hitung berapakah besar gaya medan magnet yang berjarak 4 cm dari kawat tersebut?
(μ0= 4 x 10⁻⁷ Wb/Am)

Pembahasannya :

Kita gunakan rumus medan magnet kawat lurus di atas yaitu

Rumus Medan Magnet

B = 2 x 10⁻⁵

Nah, itulah pembahasan mengenai Rumus Medan Magnet. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *