Kalender Akademik Universitas Pancasila

Kalender Akademik Universitas Pancasila

Kalender Akademik Universitas Pancasila – Universitas Pancasila merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Universitas Pancasila memiliki kampus utama dan kampus pascasarjana. Kampus utama terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sementara, kampus pascasarjana terletak di Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat.

Pancasila yang dijadikan nama dari Universitas ini tidaklah sekedar tanda pengenal dan pembeda dari Universitas-universitas lainnya, melainkan memiliki kedalaman arti yang hakiki, sesuai dengan misi yang diemban Universitas Pancasila, yaitu “Memberikan peranan positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pengembangan masyarakat ber-Pancasila seperti yang dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.”

Dalam rangka inilah Universitas Pancasila berniat dan beritikad untuk menghasilkan sarjana-sarjana yang berjiwa Pancasila, memiliki nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan serta kemampuan berkomunikasi, dan kesadaran ekologi guna pembangunan dan pembinaan bidang hukum, ekonomi dan ekologi untuk menunjang pembangunan.

Universitas Pancasila didirikan pada tanggal 28 Oktober 1966, merupakan penggabungan dari Universitas Pancasila (lama) yang didirikan pada tahun 1963 dan Universitas Bung Karno.

Penggabungan dilakukan setelah dilakukan pembersihan (screening) terhadap unsur-unsur universitas yang diduga terlibat G30S/PKI. Sebelum proses penggabungan, Fakultas Teknik Universitas Pancasila sendiri telah merupakan bagian dari Universitas Pancasila (lama).

Pada saat transisi, akibat penggabungan kedua Universitas serta keadaan negara pada waktu itu, kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Komplek Ditjen POM Departemen Kesehatan di Jakarta Pusat.

Setelah keadaan berangsur membaik, maka seluruh kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Jl. Borobudur No. 7, Jakarta Pusat. Setelah penggabungan, Fakultas Teknik memiliki 6 jurusan, yaitu :

  1. Arsitektur
  2. Sipil
  3. Mesin
  4. Elektro
  5. Perkapalan
  6. Aeroneutika

Namun, pada tahun 1971, mengingat jumlah dosen yang sangat terbatas, serta berkurangnya peminat, jurusan Perkapalan dan Aeroneutika ditutup dan dilebur ke jurusan Teknik Mesin.

Untuk memenuhi tuntutan kemajuan pembangunan, pada tahun 1971 dibuka jurusan Teknik Elektro (arus lemah).

Selanjutnya, sebagai akibat dari ditutupnya semua akademi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja teknik tingkat Sarjana Muda, maka pada tahun 1988/1989 Fakultas Teknik membuka program Diploma III.

Pada saat didirikan, Program Diploma III membuka 3 jurusan, yaitu Arsitektur, Teknik Mesin dan Teknik Elektro. Namun, pada tahun 2006/2007 Program Diploma III Arsitektur ditutup, dan para mahasiswanya diarahkan untuk melanjutkan ke S1 Arsitektur.

Fakultas Teknik Universitas Pancasila menempati lokasi kampus di Jl. Borobudur No.7 Jakarta Pusat dan mulai tahun 1988 menempati lokasi baru di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Untuk program Magister Teknik Mesin tetap menempati Kampus di Jl. Borobudur.

Berikut Kalender Akademik Universitas Pancasila Fakultas Teknik

Kalender Akademik Universitas Pancasila

Kalender Akademik Universitas Pancasila

Kalender Akademik Universitas Pancasila

Demikianlah pembahasan tentang Kalender Akademik Universitas Pancasila. Semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan kamu semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *