Fakultas Hukum Di UNAND Padang 2023

Fakultas Hukum Di UNAND Padang

Fakultas Hukum Di UNAND Padang  – Fakultas Hukum Di UNAND merupakan salah satu fakultas hukum yang sangat diminati di kota Padang. Fakultas ini terdapat di perguruan tinggi negeri Sumatera Barat yang memiliki popularitas sangat baik. 

Fakultas Hukum Di UNAND ini biasanya dikenal dengan nama FHUA dan fakultas ini tentunya termasuk sebagai sekolah hukum tertua yang ada di Pulau Sumatra. Fakultas ini termasuk juga sebagai daftar ketiga tertua di Indonesia.

Awalnya, pada tanggal 23 Desember 1955, BPTH Pancasila dipindahkan ke Padang dan dinamakan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat. 

Tak sampai setahun kemudian pada 13 September 1956, fakultas tersebut diresmikan menjadi salah satu bagian dari Universitas Andalas yang baru berdiri. 

Salah satu mahasiswa yang dinyatakan lulus meraih gelar Mr. (Meester in de Rechten) adalah Rudito Rachmad pada tahun 1958. Setelah itu, diteruskan oleh Herman Sihombing, Zawier Zienser, Eddy Ang Ze Siang, dan Djalaluddin Ilyas pada tahun berikutnya. 

Seleksi masuk mahasiswa baru untuk fakultas hukum ini dilakukan melalui Seleksi Nasional, Seleksi Bersama maupun ujian mandiri yang diselenggarakan oleh Unand, FHUA memiliki satu jurusan, yaitu Ilmu Hukum. 

Pada saat itu hanya terdapat 5 departemen yang menyelenggarakan kegiatan akademik secara keseluruhan yaitu Departemen Hukum Pidana, Departemen Hukum Perdata, Departemen Hukum Tata Negara, Departemen Hukum Internasional, dan Departemen Hukum Administrasi Negara.

Berdasarkan data yang diperoleh saat ini, Fakultas Hukum Di UNAND ini dipimpin oleh Ferdi dan menyelenggarakan pendidikan di tingkat sarjana, magister, dan doktoral.

  • Sarjana

Program utama yang disediakan pada fakultas ini adalah program studi Sarjana Hukum (S.H.). Seluruh kegiatan akademik dipusatkan di kampus yang ada di Limau Manis. 

Akreditasi program sarjana ini sudah terakreditasi A sesuai SK No. 2026/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019 tanggal 25 Juni 2019 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Mahasiswa program S.H. yang memenuhi syarat ditetapkan untuk masuk ke dalam salah satu Program Kekhususan (PK) yang ada. 

Pada saat ini, terdapat delapan PK: Hukum Perdata, Hukum Bisnis, Hukum Adat dan Islam, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Internasional, Hukum Administrasi Negara, dan Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam.

Program ini termasuk dalam daftar salah satu program studi yang paling banyak diminati di Unand, dengan lebih dari tiga ribu orang pendaftar lewat jalur SBMPTN pada tahun 2017. 

  • Magister

Program untuk tingkat magister ini ada 2, yaitu program studi Magister Ilmu Hukum (M.H.) dan Magister Kenotariatan (M.Kn.). Kegiatan riset dan pengajaran dipusatkan di kampus Jl. Pancasila, Belakang Tangsi. 

Akreditasi program M.H. adalah A dengan no sesuai SK No. 1034/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2019 dan program M.Kn adalah B dan SK No. 1850/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2019 dari BAN-PT.

  • Doktoral

Program yang disediakan adalah program studi Doktor Ilmu Hukum (Dr.). Seperti program magister. kegiatan riset dan pengajaran dipusatkan di kampus Jl. Pancasila. 

Akreditas program ini adalah A, sesuai SK No. 3161/SK/BAN-PT/Akred/D/VIII/2019 dari BAN-PT.

Dosen Fakultas Hukum Di UNAND Padang

Berikut adalah beberapa daftar dosen yang ada di Fakultas Hukum Universitas Andalas Padang.

  1. Prof. Dr. Hj. Yulia Mirwati, SH., Cn., MH
  2. Prof. Dr. H. Yuliandri, SH., MH
  3. Prof. H. Firman Hasan, SH., LLM
  4. Prof. Dr. H. Elwi Danil, SH., MH
  5. Prof. Dr. H. Yaswirman, MA
  6. Prof. Dr. Saldi Isra, SH., MPA
  7. Prof. Dr. Ismansyah, SH., MH
  8. Prof. Dr. Zainul Daulay, SH., MH
  9. Dr. Yuslim, SH., MH
  10. Dr. H. Sukanda Husin, SH., LLM
  11. Dr. Hj. Aria Zurnetti, SH., M.Hum
  12. Frenadin Adegustara, SH., MS
  13. Dr. Yoserwan, SH., MH., LLM
  14. Dr. Fadillah Sabri, SH., MH
  15. Hj. Sri Arnetti, SH., MH
  16. Dr. Zefrizal Nurdin, SH., MH
  17. H. Nanda Utama, SH., MH
  18. Hj. Ulfanora, SH., MH
  19. Linda Elmis, SH., MH
  20. Hj. Zahara, SH., MH
  21. Dr. H. A. Irzal Rias, SH., MH
  22. Dr. H. Busyra Azheri, SH., MH
  23. Dr. Khairani, SH., MH
  24. H. Ilhamdi Taufik, SH., MH
  25. Dr. Mardenis, SH., M.Si
  26. Dr. Delfiyanti, SH., MH
  27. Dr. Kurnia Warman, SH., M.Hum
  28. Yunita Syofyan, SH., MH
  29. Dr. Dahlil Marjon, SH., MH
  30. Drs. H. Ali Amran, SH., MH
  31. Dr. Jean Elvardi, SH., MH
  32. Hj. Tenofrimer, SH., M.Si
  33. M. Jhon, SH., MH
  34. Dr. Rembrandt, SH., M.Pd
  35. Didi Nazmi, SH., MH
  36. Drs. Intizham Jamil, SH., MS
  37. Hj. Efren Nova, SH., MH

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Fakultas Hukum Di UNAND Padang. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *