Jurusan Hukum Terbaik di Aceh, Berikut Nama Kampusnya.

Jurusan Hukum Terbaik di Aceh

Jurusan Hukum Terbaik di Aceh – Aceh di kenal dengan Sebutan Kota Serambi Mekah, bagi kalian yang mau kuliah di Aceh dan mau mengambil Jurusan Hukum, Pas sekali kami disini akan membahas Fakultas Hukum Terbaik di Aceh.

Ada banyak Kampus di Aceh mulai dari Negeri sampai Swasta tapi disini kita akan bahas Kampus yang memiliki Jurusan Hukum Terbaik di Aceh, apa saja nama Kampus yang memiliki Jurusan Hukum Terbaik di Aceh? Mari simak di bawah ini.

Nama Kampus yang memiliki Jurusan Hukum Terbaik di Aceh

1. Universitas Malikussaleh 

Universitas Malikussaleh termasuk kejajaran kampus yang memiliki Jurusan Hukum Terbaik di Aceh, Prodi Hukum Universitas Malikussaleh meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Akreditasi Unggul itu diberikan berdasarkan Surat Keputusan No. 5149/SK/BAN-PT/SURV-BDG/S/VIII/2022. Hasil terbaik ini didapatkan setelah Prodi Hukum melakukan banding atas proses yang telah dilalui sebelumnya.

Akreditasi unggul ini menjadi capaian prestasi terbaru yang di dapatkan, dan menjadi yang pertama dalam model akreditasi terbaru yang dikeluarkan oleh BAN-PT, sebagaimana diumumkan melalui situs mereka.

Atas capaian itu, Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra ASEAN Eng menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian prodi tersebut.  

2. Universitas Teuku Umar

Sejak Penegerian Universitas Teuku Umar melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2014 Tanggal 1 April 2014, jumlah peminat yang memilih melanjutkan perkuliahan di Universitas Teuku Umar semakin meningkat. 

Hal tersebut menunjukan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat pada Universitas Teuku Umar semakin tinggi. 

Dalam perkembangannya di Tahun 2016 Prodi Ilmu Hukum memperoleh izin tanggal 13 September 2016 Nomor 368/KPT/I/2016 Tentang Pembukaan Program Studi Ilmu Hukum, Program Sarjana pada Universitas Teuku Umar di Meulaboh dengan kode Prodi 74201. 

Kurikulum Program Studi Ilmu Hukum dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi yang didasarkan pada KKNI. 

Kurikulum tersebut memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi Program Studi.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyampaikan selamat atas keberhasilan memperoleh peringkat akreditasi B dengan nilai 304 untuk Program Studi Ilmu Hukum-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar (Fisip UTU).

3. Universitas Syiah Kuala

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala berasal dari Fakultas Hukum swasta yang diberi nama Perguruan Tinggi Rakyat Ilmu Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTRIHPM). 

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 10 Tahun 1961, tanggal 20 Juli 1961, Perguruan Tinggi Rakyat Ilmu Hukum dan Pengetahuan Masyarakat dan di masukan dalam lingkungan Unsyiah. 

Peresmiannya dilakukan oleh Menteri PTIP bersama dengan peresmian Unsyiah pada tanggal 2 September 1961.

Visi

Menjadi Fakultas Hukum Terkemuka di Tingkat Nasional dan Regional pada Tahun 2022 Universitas Syiah Kuala (USK) terus mencatatkan prestasi membanggakan di bidang akademik. 

Baru-baru ini, Fakultas Hukum (FH) meraih akreditasi ‘Unggul’ pada program studi (prodi) S1 Ilmu Hukum.

Misi 

  • Menyelenggarakan Pendidikan Hukum yang unggul dan Profesional
  • Menyelenggarakan Penelitian yang unggul dalam pengembangan ilmu hukum dan penyelesaian masalah hukum.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri

4. Universitas Samudra

Universitas Samudra atau UNSAM merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Langsa, Aceh, Indonesia. Universitas ini didirikan pada 22 Oktober 1985.

Universitas Samudra awalnya merupakan Universitas swasta yang berada di Kota Langsa di bawah Yayasan Pendidikan Samudra. 

Perguruan Tinggi di Aceh Timur telah mulai dirintis sejak tahun 1963, ketika itu Al- Jamiatul Wasliyah Cabang Aceh Timur berinisiatif mendirikan Fakultas Ekonomi Malikussaleh yang berafiliasi pada Universitas Alwashliyah Medan. 

Pada tahun 1976, dibuka dua Sekolah Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (STHPM) dan Sekolah Tinggi Ekonomi (STE).

UNSAM sendiri telah mendapatkan akreditasi institusi kampus dengan peringkat “B” berdasarkan 435/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 pada tahun 2018.

Sedangkan untuk Fakultas Hukum dari Universitas Samudra mendapatkan Akreditasi B, berikut rinciannya, Akreditasi Jurusan Ilmu Hukum S1 Universitas Samudra  dengan No SK 157/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018, Tanggal berakhir  03 Januari 2023.

Nah itulah informasi mengenai Jurusan Hukum Terbaik di Aceh, semoga bermanfaat bagi kalian semua dan terima kasih telah membaca. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *