Jurusan Pertambangan di Berbagai Kampus

Jurusan Pertambangan

Jurusan Pertambangan – Teknik Pertambangan adalah salah satu ilmu yang akan membantu kamu mempelajari tentang eksplorasi dan eksploitasi dari sumber daya mineral, misalnya seperti perak, aluminium, besi, perak dan masih banyak lagi lainnya.

Memutuskan untuk mengambil jurusan pertambangan kamu juga akan mempelajari bagaimana proses pertambangan tersebut berlangsung dan pemrosesan hasil tambang. Di dalam negeri sendiri, ada banyak perguruan tinggi terbaik yang menyediakan jurusan teknik pertambangan.

Jurusan Pertambangan di Jogja

Yogyakarta adalah salah satu kota yang memiliki perkembangan aspek pendidikan cukup tinggi. Ada banyak perguruan tinggi berkualitas di provinsi istimewa ini. Beberapa perguruan tinggi tersebut ada pula yang menyediakan jurusan pertambangan, berikut kampus yang bisa kamu jadikan tujuan.

  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta atau UPN Veteran Yogyakarta memiliki akreditasi B sebagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kampus ini menyediakan berbagai macam program studi yang bisa dipilih oleh setiap calon mahasiswa.

Salah satu program studi yang tersedia adalah teknik pertambangan. Berada di fakultas teknologi mineral membuat teknik pertambangan banyak diminati sehingga kualitas pendidikan teknik pertambangan di kampus ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kampus ini menyediakan program S1 dan S2 untuk teknik pertambangan. Akreditasi teknik pertambangan program S1 telah mendapatkan nilai A. Sedangkan untuk program studi teknik pertambangan S2 sudah mendapatkan akreditasi B.

Di jurusan teknik pertambangan UPN Veteran Yogyakarta, kamu akan belajar mengenai mekanika tanah tambang terbuka, geologi struktur pengolahan bahan galian dan mekanika buatan untuk program S1.

Merasa tertarik untuk bergabung dengan teknik pertambangan di UPN Veteran Yogyakarta? Pastikan kamu menyiapkan diri dengan baik sebab proses seleksi berjalan cukup ketat.

  • Institut Teknologi Yogyakarta

Kampus selanjutnya bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan di bidang pertambangan adalah Institut Teknologi Yogyakarta. Universitas ini termasuk salah satu perguruan tinggi pertama yang menawarkan pendidikan di bidang teknologi lingkungan.

Sebenarnya perguruan tinggi swasta ini berasal dari Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan yang sudah ada sejak tahun 1983. Ada berbagai macam jurusan yang disediakan untuk setiap mahasiswa dan salah satunya adalah teknik pertambangan.

Teknik pertambangan di kampus ini akan tergabung dalam fakultas teknologi sumber daya alam. Fakultas tersebut memiliki kurikulum yang dirancang dengan mengedepankan prinsip green teknologi dan good mining practice.

Jadi kamu tidak perlu khawatir karena kualitas pendidikan di fakultas teknologi sumber daya alam ini juga tidak kalah dengan beberapa fakultas lain di Institut Teknologi Yogyakarta. Di kampus ini, jurusan pertambangan hanya tersedia untuk program S1.

Jurusan Pertambangan IPA atau IPS

Untuk masuk jurusan yang berkaitan dengan pertambangan, memang secara syarat adalah jurusan IPA karena background scientific ada di jurusan ini dan kita bekerja juga sejalan dengan background ini.

Demikianlah penjelasan tentang Jurusan Pertambangan. Jika kamu berminat ingin melanjutkan pendidikan mengambil konsentrasi pertambangan, mungkin beberapa pilihan kampus di Yogya yang menyediakan jurusan ini bisa kamu pertimbangkan. Selamat mencoba semoga diterima di salah satu kampus yang kamu inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *