Teknik Kimia ITB S2 2023

Teknik Kimia ITB S2

Teknik Kimia ITB S2 – Program Pendidikan Magister Teknik Kimia adalah program pendidikan lanjutan linier dari Pendidikan Sarjana Teknik Kimia. Program pendidikan ini lebih fokus kepada pendalaman keilmuan teknik kimia dan memberi wawasan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan atau tuntutan kebutuhan di masyarakat.

Lulusan program magister memiliki ciri antara lain: memiliki pengetahuan dan kemampuan yang lebih dari lulusan program sarjana, terutama dalam hal berdaya cipta dalam bidang teknik kimia, mampu melakukan sintesis serta mengambil kesimpulan dari suatu kegiatan penelitian, di samping kedalaman dan keluasan penguasaan ilmunya.

1. Biaya Kuliah Teknik Kimia ITB S2

Biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana atau teknik kimia ITB s2, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar program Magister di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah), termasuk biaya pelaksanaan Tes Psikologi (Psikotes). 

Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana teknik kimia ITB s2, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening virtual (Virtual Account) yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. 

Calon mahasiswa juga dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan Kartu Kredit. Biaya pelaksanaan seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apa pun.

Biaya kuliah BPP S2 atau magister di ITB sebesar Rp. 13.500.000,- per semester. Mulai tahun 2020, ITB tidak memberlakukan kebijakan penundaan pelunasan UKT. Namun demikian, mahasiswa dapat mengajukan permohonan pembayaran UKT secara mencicil.

Terdapat dua skema pembayaran biaya UKT secara cicilan sebagai berikut.

Periode cicilan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) semester :

  • Pembayaran pertama sebesar 50% BPP, dibayarkan pada waktu yang ditentukan saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.
  • Pembayaran kedua sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester :

  • Pembayaran pertama sebesar 40% BPP, dibayarkan pada waktu yang ditentukan saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.
  • Pembayaran kedua sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
  • Pembayaran ketiga sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama Ujian Akhir Semester sesuai kalender akademik pada tahun berjalan.

2. Pendaftaran S2 Teknik Kimia ITB

Langkah-langkah pendaftaran online:

  • Registrasi

Calon mahasiswa dipersilakan melakukan pendaftaran di laman Registrasi dengan menggunakan alamat e-mail yang valid. Sistem akan mengirimkan nomor seleksi dan password ke alamat e-mail tersebut yang akan digunakan untuk proses login selanjutnya.

Calon mahasiswa yang telah memiliki nomor seleksi dan password dapat melakukan login di laman yang sama.

  • Pengisian Data Calon Mahasiswa

Setelah melakukan, calon mahasiswa dipersilakan mengisi data-data sebagai berikut:

  • Biodata
  • Alamat
  • Asal Pendidikan
  • Program Studi

Sebelum mengisikan data program studi yang dipilih, pastikan program studi tersebut menerima calon mahasiswa baru pada gelombang saat anda mendaftar. 

  • Sumber Dana

Calon mahasiswa mengisikan data rencana sumber dana pembiayaan pendidikannya. Bagi calon mahasiswa yang merupakan penerima beasiswa atau merupakan peserta program kerja sama, silahkan isi dengan pilihan beasiswa, serta mencantumkan instansi sumber beasiswa/kerjasamanya.

Bila calon mahasiswa belum memperoleh beasiswa atau pengajuan beasiswanya belum disetujui oleh instansi pemberi beasiswa, dipersilakan memilih pilihan “pribadi” sebagai sumber dana biaya pendidikannya.

  • Unggah Dokumen
  • Rekomendasi

Sesuai dengan persyaratan ITB, calon mahasiswa Program Pascasarjana ITB harus mendapatkan rekomendasi dari 2 orang (dosen/atasan) untuk melanjutkan pendidikan di program studi yang ditujunya. 

Rekomendasi ini ditujukan kepada ketua program studi yang bersangkutan, dan dapat diisikan secara online oleh pemberi rekomendasi. 

ITB menyarankan agar calon mahasiswa dapat berkomunikasi langsung dengan calon pemberi rekomendasi sebelum melaksanakan pendaftaran Program Pascasarjana teknik kimia ITB s2. 

Mohon dicatat bahwa pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti Program Pascasarjana teknik kimia ITB s2.

  • Finalisasi

Setelah seluruh data dan dokumen persyaratan dilengkapi calon mahasiswa, silahkan lakukan finalisasi. Mohon memperhatikan bahwa proses finalisasi hanya dapat dilaksanakan bila seluruh data telah diisi lengkap dan seluruh dokumen yang disyarat telah diunggah.

  • Pelunasan Biaya Pendaftaran
  • Bukti pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB

Itulah informasi penting yang berhubungan dengan Teknik Kimia ITB S2. Terdapat sedikit gambaran biaya kuliah dan tata pendaftaran. Semoga kamu semua bisa melanjutkan pendidikan S2 di salah satu kampus terbaik ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *