Cara Mengetahui Nilai Akreditasi Sekolah

Cara Mengetahui Nilai Akreditasi Sekolah

Cara mengetahui nilai akreditasi sekolah– Akreditasi merupakan sebuah tolak ukur mutu pendidikan di sebuah jenjang pendidikan. Hampir semua jenjang pendidikan sudah memiliki akreditasi, tidak hanya sekolah negeri namun pada sekolah swasta juga diberlakukan.

Apakah sekolah kamu sudah melewati proses akreditasi? Sudah tahukah kamu berapa nilai akreditasi sekolahmu? Apabila sekolah telah mengajukan proses akreditasi berikut cara mengetahui nilai akreditasi sekolah.

Akreditasi sekolah bisa disebut juga sebagai pengakuan. Apakah sekolah tersebut sudah memiliki kualitas pendidikan yang memadai atau belum.

Akreditasi sendiri bisa diartikan sebagai penilaian dari beberapa pihak yang berwenang untuk melakukan penilaian akreditasi suatu sekolah.

Biasanya akreditasi dilakukan untuk menilai kelayakan program pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Akreditasi sekolah sangat penting sekali untuk mengetahui kualitas dan mutu pendidikan di satuan tingkat pendidikan. Semakin baik nilai akreditasi sekolah tersebut maka mutu pendidikan di sekolah tersebut semakin bagus.

Untuk tingkat satuan pendidikan sekolah, proses pelaksanaan akreditasi dilakukan oleh lembaga yang disebut Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah atau disingkat dengan nama BAN-SM.

Jika sebuah sekolah telah melewati proses akreditasi, bagaimanakah cara mengetahui nilai akreditasi sekolah tersebut?

Buat kamu yang belum tau cara mengetahui nilai akreditasi sekolah yuk disimak ulasan di bawah ini!

Berikut Cara Mengetahui Nilai Akreditasi Sekolah:

Sekolah yang telah menjalani proses akreditasi dari BAN-SM, akan diberikan nilai dengan predikat Terakreditasi dan Tidak Terakreditasi.

Predikat Terakreditasi terbagi menjadi 3 kriteria yaitu amat baik, baik, dan cukup. Berikut ini pembagian nilai akreditasi sekolah diantaranya :

  • A = Amat Baik. Rentang  nilai 85 < NA ≤ 100
  • B = Baik. Rentang nilai 70 < NB ≤ 85
  • C = Cukup. Rentang nilai 56 < NC ≤ 70

Cara mengetahui nilai akreditasi sekolah adalah dengan mengecek pada situs resmi BAN-SM. Semua sekolah yang sudah terakreditasi akan tercatat pada situs resmi BAN-SM.

Berikut ini cara mengetahui nilai akreditasi sekolah cara mengecek pada website BAN-SM:

  1. Kunjungi website BAN- SM. Klik Disini https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi
  2. Masukkan data provinsi, Kabupaten, Jenjang Pendidikan, Nama Sekolah, dan lainnya
  3. Klik  CARI SEKOLAH kemudian nilai akreditasi sekolah akan muncul.

Nah itulah cara mengetahui nilai akreditasi sekolah, yuk cek akreditasi sekolahmu. Terima kasih sudah membaca artikel kami.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *