Akreditasi Kampus STIE Syari`ah Al-Mujaddid

Akreditasi Kampus STIE Syari`ah Al-Mujaddid

Akreditasi Kampus STIE Syari`ah Al-Mujaddid – STIE Syari`ah Al-Mujaddid adalah kampus yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Perintis Pembangunan Jambi.

Yayasan Pendidikan Perintis Pembangunan Jambi merupakan sebuah Yayasan yang telah mengelola lembaga pendidikan formal dan non-formal yang berdiri sejak tahun 2004. Pada awalnya Yayasan ini beralamat di jl. Sultan thaha sk 5 kiri sidomukti kecamatan dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur  Provinsi Jambi.

Eksistensi Yayasan Pendidikan Perintis Pembangunan Jambi sebagai lembaga pendidikan Islam merupakan bagian yang integral dari perkembangan lembaga pendidikan  di Provinsi Jambi.

Berawal dari keinginan tokoh masyarakat, yang sehari-hari bekerja sebagai pengusaha sawit, untuk membangun sebuah lembaga pendidikan sebagai wadah untuk menimba ilmu pengetahuan dan kegiatan keagamaan.

Sebagai langkah awal, maka diadakanlah musyawarah oleh seluruh masyarakat dendang, yang melahirkan suatu keputusan untuk mendirikan sebuah Lembaga Pendidikan. Maka pada tahun 2004 lembaga tersebut didirikan di atas tanah seluas 17.787 m2  Yayasan Pendidikan Perintis Pembangunan Jambi.

Yayasan Pendidikan Perintis Pembangunan Jambi terus berkembang menjadi sebuah yayasan yang mengelola beberapa lembaga pendidikan, mulai dari Madin, Madrasah Tsanawiyah (MTs), hingga Madrasah Aliyah (MA) sekolah menengah kejuruan SMK Perintis, dan kursus-kursus bahasa Inggris dan komputer.

Pada umumnya, santri atau siswa di Yayasan Pendidikan Perintis Pembangunan Jambi ini diperkenalkan dengan pola perpaduan antara sistem pendidikan formal dan non formal.

Sistem pendidikan formal dilaksanakan dengan pola klasikal, sedangkan sistem pendidikan non formal dilakukan dengan metode ‘sorogan’ dan ‘bandongan’.

Dalam perkembangan berikutnya, pada tahun 2004, dibangun pula sebuah masjid yang diberi nama Masjid AZ-ZUHUD.

Masjid tersebut di samping digunakan untuk kegiatan-kegiatan para santri, terutama kegiatan yang berkaitan dengan ko-kurikuler dan tempat praktek Ibadah praktis, juga digunakan sebagai tempat pengajian, majelis taklim dan kegiatan-kegiatan keislaman lainnya.

Sehubungan dengan adanya perubahan peraturan perundang-Undangan tentang Yayasan, yang harus didaftarkan di Kemenkumham maka ada perubahan akta notaris nomor 04 tanggal 05 januari 2012 SK.

Menkumham nomor : AHU-02.AH.01.04.Tahun 2012 dan sebagai responsibility terhadap perkembangan pendidikan Islam di Provinsi Jambi dan didorong oleh keinginan kuat dari Yayasan untuk ikut berpartisipasi dalam meningkatkan sumber daya manusia, sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945, maka pada tahun 2013.

Yayasan Pendidikan Perintis Pembangunan Jambi, berhasil untuk mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syari’ah Al-Mujaddid atau STIE Syari`ah Al-Mujaddid.

Akreditasi Kampus STIE Syari`ah Al-Mujaddid

Akreditasi Kampus STIE Syari`ah Al-Mujaddid adalah Baik. Sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 1194/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2020. SK ini berlaku semenjak 2020 hingga 2025-12-22.

Demikianlah pembahasan mengenai akreditasi kampus STIE Syari`ah Al-Mujaddid. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua, serta bisa digunakan dengan sebaik-baiknya, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *