Akreditasi Jurusan Aktuaria Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti

Akreditasi Jurusan Aktuaria Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti

Akreditasi Jurusan Aktuaria Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti – Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti adalah lembaga pendidikan tinggi formal di bidang asuransi yang pertama di Indonesia terakreditasi oleh BAN-PT.

Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti didirikan oleh Yayasan Trisakti pada tanggal 10 April 1984 dengan nama Akademi Asuransi Trisakti (AKASTRI).

Untuk merespon kebutuhan pasar, pada tanggal 1 Oktober 2002, AKASTRI resmi meningkatkan statusnya dan berubah bentuk dari Akademi menjadi Sekolah Tinggi, dengan nama Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti (STMA Trisakti).

Akreditasi Jurusan Aktuaria Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti

Jurusan Aktuaria adalah jurusan yang mempelajari ilmu probabilitas, matematika, statistik dan keuangan untuk dapat melakukan pengelolaan resiko dan ketidakpastian dalam membantu client meminimalkan resiko.

Lulusan Jurusan Aktuaria akan mendapat gelar Sarjana Ilmu Aktuaria (S.Aktr), tetapi belum bisa disebut sebagai aktuaris. Untuk menjadi seorang aktuaris, kamu harus mengikuti dan lulus ujian profesi aktuaris yang diselenggarakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI).

Profesi aktuaris tengah menjadi sorotan atau prioritas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang gencar melakukan sosialisasi program 1000 aktuaris. Data menyebutkan saat ini jumlah aktuaris di Indonesia baru memenuhi sekitar 50% dari kuota yang diharapkan.

Akreditasi Jurusan Aktuaria Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti adalah Baik. Sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 5485/SK/BAN-PT/Ak/S/VIII/2022. SK ini berlaku semenjak 2022 hingga 2027-08-16.

Lulusan Jurusan Aktuaria sebagian besar melanjutkan program sertifikasi untuk menjadi seorang aktuaris. Namun, pilihan karier seorang alumni jurusan ini tidak hanya menjadi seorang aktuaris.

Pilihan program kuliah Jurusan Aktuaria di Indonesia awalnya hanya tersedia pada program vokasi (D3). Namun, seiring berjalannya waktu kampus-kampus juga mulai menyelenggarakan program untuk Strata 1 (S1).

Untuk menjadi seorang sarjana aktuaria, kamu akan menghabiskan waktu 8 semester dengan skripsi sebagai tugas akhir.

Akan lebih baik jika kamu memilih jurusan ini karena kamu menyukai hal-hal yang berhubungan dengan analisis, matematika, dan statistika, dengan berbagai aplikasinya agar tidak merasa terbebani ketika menjalani kuliah dan mengerjakan tugas-tugasnya.

Itulah akreditasi Jurusan Aktuaria Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti. Semoga bisa menambah wawasan kita semua, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *