Akreditasi Jurusan Pendidikan Sains Universitas Negeri Yogyakarta

Akreditasi Jurusan Pendidikan Sains Universitas Negeri Yogyakarta

Akreditasi Jurusan Pendidikan Sains Universitas Negeri YogyakartaUniversitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tanggal 21 Mei 1964. 

UNY awalnya merupakan bagian dari Universitas Gajah Mada (UGM), yaitu Fakultas Pedagogik (FP) yang didirikan pada tanggal 19 September !955. 

Fakultas ini kemudian dipecah menjadi tiga fakultas pada tanggal 2 Februari 1962, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Djasmani (FPD), serta Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan (FKIP). FPD kemudian lepas dari UGM dan menjadi Sekolah Tinggi Olahraga (STO) pada tahun 1963.

Universitas Negeri Yogyakarta telah banyak mengalami perkembangan setelah diresmikan. Pada tahun 2007, dalam survei yang dilakukan oleh Ditjen Dikti RI, 

UNY dinyatakan sebagai satu-satunya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di antara 20 universitas di Indonesia yang layak masuk (the most promising university) kelas dunia. 

Karena itu, dibentuk tim Pengembang UNY menuju World Class University (WCU) yang bertugas menyiapkan kisi-kisi instrumen pengembangan UNY menuju WCU. Pada tahun 2009, usaha tersebut membuahkan hasil. 

Dinyatakan bahwa 11 unit kerja di UNY layak menerima sertifikat ISO 9001:2000 yang dikeluarkan oleh PT. Sucofindo Jakarta. Kemudian pada tanggal 21 April 2009, UNY dinyatakan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) secara penuh.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pernah menjadi kampus tim nasional Sepak Bola U-19. Ya, tahun 2014 anggota Tim Nasional (timnas) U-19 dikuliahkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga di UNY melalui program kerja sama pendidikan. 

Luar biasanya, kampus ini menyumbangkan banyak banget talenta atlet sepak bola tersebut. Sebanyak 26 pemain timnas mengikuti perkuliahan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, termasuk bintang sepak bola Evan Dimas.

Hingga saat ini Universitas Negeri Yogyakarta masih terus berusaha mengembangkan kualitasnya. Salah satunya melalui kerja sama dengan berbagai lembaga dan perguruan tinggi, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. 

Beberapa lembaga dan perguruan tinggi yang telah melakukan kerja sama dengan UNY, yaitu Aichi University of Education (AUE), 

Yamaguchi University, University of South Australia, University of Illinois, Universitas Negeri Medan, Universitas Nahdlatul Ulama, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan Badan Standardisasi Nasional.

Akreditasi Jurusan Pendidikan Sains Universitas Negeri Yogyakarta S2

Perguruan Tinggi: Universitas Negeri Yogyakarta
Program Studi: Pendidikan Sains
Strata: S2
No. SK: 13180/SK/BAN-PT/AK-ISK/M/XII/2021
Tahun SK: 2021
Akreditasi: Unggul
Tanggal Kadaluarsa: 2026-12-21

 

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Akreditasi Jurusan Pendidikan Sains Universitas Negeri Yogyakarta, semoga bermanfaat dan see you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *