Akreditasi Jurusan Agribisnis Universitas Batanghari Jambi Terbaru

Akreditasi Jurusan Agribisnis Universitas Batanghari Jambi

Akreditasi Jurusan Agribisnis Universitas Batanghari Jambi – Universitas Batanghari sejak awal berdirinya  tahun 1985 sampai saat ini dibina  oleh dan bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Jambi. Yayasan ini merupakan pengembangan dari Yayasan Pendidikan  Jambi yang dulunya membina STKIP Jambi pada tahun 1970 – 1977.

Maksud dan tujuan pendirian Yayasan Pendidikan Jambi adalah untuk membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan pendidikan masyarakat dengan jalan melaksanakan usaha pendidikan dalam arti luas.

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut yayasan menyelenggarakan kegiatan pendidikan serta melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan secara bertahap. Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Jambi pada awalnya beranggota sebanyak 7 orang, tetapi 3 orang diantaranya tidak lagi berada di daerah ini karena tugas pokoknya telah pindah keluar Jambi.

Oleh sebab itu, timbul gagasan dari segenap anggota Badan Pendiri untuk merumuskan suatu ketentuan bahwa bagi anggota yang karena jabatannya diikutsertakan sebagai anggota Badan Pendiri Yayasan atas dasar pasal 10 Akte Pendirian, tetapi kemudian ternyata tidak dapat secara tetap berdomisili di daerah tempat berdirinya yayasan, digolongkan ke dalam anggota yayasan ex officio.

Berkaitan dengan hal tersebut, berdasarkan keputusan rapat anggota Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Jambi seperti yang diisyaratkan dalam Akte Nomor 1 tanggal 6 April 1985 dilakukan penambahan keanggotaan Badan Pendiri sehingga anggota baru menjadi 15 orang.

Menyadari kenyataan bahwa meningkatnya permintaan terhadap pendidikan tinggi tidak dapat diimbangi oleh peningkatan daya tampung perguruan tinggi negeri, maka Yayasan Pendidikan Jambi merasa tertantang untuk mengubah STKIP Jambi menjadi embrio dalam mewujudkan suatu universitas swasta di daerah ini.

Usaha untuk mewujudkan gagasan tersebut dirintis oleh Yayasan Pendidikan Jambi dengan membentuk suatu tim kerja yang bertugas menyusun studi kelayakan serta mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang diperlukan untuk pengajuan izin operasional kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Kopertis Wilayah II di Palembang.

Tim kerja yang dibentuk berhasil melaksanakan tugas penyusunan naskah kelengkapan bahan dan persyaratan permohonan izin berdasarkan ketentuan yang dimuat dalam Letter of Intenttanggal 6 Juni 1985. Perguruan tinggi swasta yang diusulkan ini diberi nama Universitas Batanghari yang disingkat dengan akronim UNBARI.

Akhirnya setelah mempersiapkan pendaftaran calon mahasiswa, menyusun jadwal kuliah dan merekrut tenaga pengajar maka dilakukan peresmian berdirinya Universitas Batanghari pada tanggal 1 November 1985 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Jambi sekaligus mengangkat Drs. Kemas Mohamad Saleh sebagai rektor pertama.

Akreditasi Jurusan Agribisnis Universitas Batanghari Jambi

Ketua Program Studi Agribisnis yaitu Rizki Gemala Busyra, SP, M.Si. Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian (SEP) mulai beroperasi 16 Oktober 1992, berdasarkan Surat Pendirian Keputusan Dirjen Dikti Nomor: 437/Dikti/Kep/1992.

Dalam proses perkembangan telah terakreditasi dengan nilai B sejak tahun 2021. Adapun Nomor SK yang dikeluarkan oleh BAN-PT adalah 9617/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VII/2021. SK ini berlaku hingga 22 Juli 2026.

Akreditasi Jurusan Agribisnis Universitas Batanghari Jambi

Itulah akreditasi Jurusan Agribisnis Universitas Batanghari Jambi. Semoga bisa membantu kamu yang sedang kesusahan mencari akreditasi terbaru jurusan Agribisnis Universitas Batanghari Jambi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *