Akreditasi Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi

Akreditasi Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi

Akreditasi Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi – Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi merupakan institusi pendidikan tenaga kesehatan di Provinsi Jambi, berdiri tanggal 16 April 2001.

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi merupakan peleburan dari 4 (empat) institusi pendidikan bidang kesehatan yang berkedudukan di Kota Jambi yaitu : Pendidikan Ahli Madya Keperawatan, Akademi Kebidanan Depkes, Akademi Kesehatan Gigi Depkes dan Akademi Kesehatan Lingkungan Depkes.

Dalam kelembagaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi keempat institusi tersebut masing-masing menjadi : Jurusan Keperawatan, Jurusan Kebidanan, Jurusan Keperawatan Gigi dan Jurusan Kesehatan Lingkungan.

dalam upaya pengembangan kelembagaan, selanjutnya pada tahun 2018 2 dua Perguruan Tinggi Kesehatan di Provinsi Jambi (PTKesda) bergabung dengan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi yang kemudian Menjadi Jurusan Analis Kesehatan dan Jurusan Farmasi.

Akhirnya pada tahun 2018 Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi telah memiliki 6 Jurusan. Kemudian pada tahun 2019 Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi kembali membuat Jurusan baru yaitu Jurusan Promosi Kesehatan.

Akreditasi Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi

Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi berlokasi di Jalan Prof. Dr. GA. Siwabessy No. 42 Buluran Kenali Jambi (36123) Telp. (0741) 60624.

Sebelumnya adalah Sekolah Perawat Bidan (SPR/SPB) pada tahun 1969, kemudian ditutup dan menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Depkes Jambi yang didirikan pada tahun 1977 dan disahkan dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 245/Menkes/VI/1979.

Dalam perkembangannya disamping melaksanakan Pendidikan SPK 3 tahun bagi lulusan SLTP, Departemen Kesehatan RI memberikan tugas kepada SPK Depkes Jambi untuk menyelenggarakan pendidikan tambahan,yaitu :

  • Program Diploma I Perawat Mahir Jurusan Kesehatan Anak bagi lulusan SPK/SPR/SPB.
  • Program Diploma I Perawat Mahir Jurusan Kebidanan dan Keluarga Berencana bagi lulusan SPK/SPR/SPB.
  • Program Cepat Pendidikan Pembantu Paramedis bagi lulusan SMA
  • Pendidikan Tambahan Perawat Kesehatan Suplementary bagilulusan Penjenang kesehatan.
  • Program pendidikan Bidan A bagi lulusan SPK/SPR.

Berdasarkan hasil pertemuan koordinasi Program pendidikan Provinsi jambi tanggal 23-24 Februari 1998, disepakati merencanakan penyelenggaraan pendidikan lanjutan kebidanan setingkat akademi di Provinsi Jambi, yaitu Diploma III Kebidanan.

Akreditasi Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi yaitu sebagai berikut.

  • Akreditasi DIII Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi  adalah A. Sesuai dengan SK Nomor 0400/LAM-PTKes/Akr/Dip/XI/2020. Akreditasi ini berlaku semenjak 2020 dan akan berakhir pada 19 November 2025.
  • Akreditasi DIV Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi adalah Baik Sekali. Sesuai dengan SK Nomor 0452/LAM-PTKes/Akr/Dip/X/2021. SK ini berlaku dari 2021 hingga 2026-10-28.

Demikianlah pembahasan mengenai akreditasi Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua dan dapat digunakan dengan semestinya, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *