Akreditasi Jurusan Ilmu Al Qur`An Dan Tafsir Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Akreditasi Jurusan Ilmu Al Qur`An Dan Tafsir Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Akreditasi Jurusan Ilmu Al Qur`An Dan Tafsir Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan- Universitas Islam Negeri Sumatera Utara merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Jalan Willem Iskandar, Sumatera Utara.

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara adalah perguruan tinggi negeri peralihan dari IAIN Sumatera Utara. Peralihan tersebut diresmikan melalui Perpres Nomor 131/2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

IAIN Sumatera Utara merupakan cikal bakal berdirinya UIN Sumatera Utara. Institut tersebut didirikan melalui Perpres Nomor 11 Tahun 1960.

IAIN Sumatera Utara hadir sebagai tuntutan dasar umat Islam di Sumatera Utara dalam upaya mengembangkan syiar agama melalui Perguruan Tinggi.

Berdirinya IAIN Sumatera Utara pada tahun 1973 diharapkan membantu pemerintah untuk menyiapkan sumber daya insani dan ahli Agama Islam.

Beberapa faktor objektif melatarbelakangi pendirian IAIN Sumatera Utara adalah tidak adanya perguruan tinggi Islam berstatus negeri di Sumatera Utara dan pertumbuhan pendidikan Islam layaknya pesantren berkembang dengan pesat.

Hal tersebut membuat Sumatera Utara membutuhkan adanya pendidikan lanjutan yang sesuai. Kemudian inisiatif Kepala Inspeksi Pendidikan Agama Provinsi Sumatera Utara mampu memprakarsai berdirinya Fakultas Tarbiyah di Medan.

Upaya tersebut mampu melahirkan Panitia Pendirian Fakultas Tarbiyah Persiapan IAIN. Singkat cerita Pemerintah Daerah dan Departemen Agama RI merespon perwujudan IAIN untuk berdiri secara mandiri di Medan.

Tak berselang lama, mulai dipersiapkan tenaga administrasi, tenaga dosen, perpustakaan, gedung perkuliahan, dan sarana penunjang lainnya. Setelah persiapan selesai, IAIN Sumatera Utara resmi berdiri pada 19 November 1973.

Akreditasi Jurusan Ilmu Al Qur`An Dan Tafsir Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Akreditasi Jurusan Ilmu Al Qur`An Dan Tafsir S1 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Perguruan Tinggi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Program Studi: Ilmu Al Qur`An Dan Tafsir
Strata: S1
No. SK: 1058/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/II/2022
Tahun SK: 2017
Akreditasi: B
Tanggal Kadaluarsa: 2026-08-27

 

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Akreditasi Jurusan Ilmu Al Qur`An Dan Tafsir Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *