Akreditasi Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Akreditasi Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Akreditasi Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi – Lahirnya Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi tidak terlepas dari perkembangan Agama Islam, juga lembaga pendidikan Islam yang ada di Provinsi Jambi.

Didorong oleh hasrat masyarakat dan ulama pada masa itu, setelah memperhatikan banyaknya lembaga yang mengeluarkan siswa madrasah/sekolah agama tingkat atas di Jambi sementara belum terdapat lembaga pendidikan tinggi yang dapat menampung tamatan tersebut, maka diadakanlah Kongres Ulama Jambi pada tahun 1957 dengan menghasilkan suatu keputusan bahwa di Jambi sudah saatnya didirikan perguruan tinggi.

Pada tanggal 30 September 1965 terbentuklah Panitia Persiapan Pembukaan IAIN Jambi yang disetujui oleh Menteri Agama. Setelah melalui proses, perjalanan dan perjuangan panjang yang dilakukan Panitia Persiapan Pembukaan IAIN Jambi tersebut, maka Menteri Agama RI akhirnya menyetujui berdirinya IAIN di Provinsi Jambi.

Jelang beberapa tahun kemudian, dengan dikeluarkannya SK Menteri Agama RI Nomor: 69 tahun 1982 tanggal 27 Juli 1982, fakultas yang ada di lingkungan IAIN Sulthan Thaha Saifuddin ditingkatkan statusnya dari fakultas muda menjadi fakultas madya.

Dengan perubahan itu maka secara hukum dan kelembagaan semua fakultas telah diperkenankan menyelenggarakan perkuliahan tingkat doktoral (Strata 1)

Pada tahun 1995, ketika tenaga dosen yang berkualifikasi pendidikan S.2 dan S.3 semakin diperlukan kehadirannya, maka pada bulan Februari 1999 dibentuklah, Panitia Persiapan Pendirian Program Pascasarjana yang langsung diketuai oleh Prof. Dr. H.

25 Mei 2000 disahkan berdirinya Fakultas Adab (Sastra dan Kebudayaan Islam). Dengan demikian IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang semula hanya terdiri atas 3 (tiga) fakultas, sekarang telah menjadi 4 (empat) fakultas dan 1 (satu) Pascasarjana yang dengan sendirinya tentu meningkatkan status Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berhasil bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi tanggal 7 April 2017, dan dilantiknya Rektor UIN STS Jambi Dr. H. Hadri Hasan, MA pada hari Jum’at 28 Juli 2017.

Akreditasi Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Jurusan Ilmu Perpustakaan akan mempelajari bagaimana caranya mengelola perpustakaan dengan benar, mulai dari sistem pengarsipan, penyimpanan buku dan dokumen, juga pengelolaan informasi yang baik supaya bisa memudahkan para pengunjung.

Akreditasi Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi saat ini yaitu Baik Sekali. Sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 3771/SK/BAN-PT/Akred-PMT/S/VI/2022. SK ini berlaku dari 2022 sampai 21 Juni 2027.

Akreditasi Jurusan Ilmu Perpustakaan 
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Demikianlah pembahasan tentang akreditasi Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Semoga bisa bermanfat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *