Akreditasi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret

Akreditasi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret

Akreditasi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret – Sebelas Maret jam 10.00 pagi, dengan dibacanya Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang pembukaan “Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret”, maka Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi berdiri sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Solo.

Pemandangan yang meriah meramaikan peresmian universitas negeri yang telah ditunggu kelahirannya sejak lama itu. Cikal bakal Universitas Sebelas Maret sendiri dapat dirunut jejaknya dari 1950-an.

Pada masa itu, Solo telah memiliki keinginan untuk mendirikan sebuah universitas negeri sendiri, mengingat kota lain telah memiliki universitas yang umurnya bahkan telah mencapai puluhan tahun.

Namun, akibat perang, penyatuan pemerintahan, kekeruhan arus politik, ekonomi rakyat rusak, dan lain-lainnya, universitas negeri di Solo belum dapat diwujudkan.

Pada 1953, setelah semua kekacauan berakhir, timbul keinginan mewujudkan universitas itu kembali. Hal ini mengingat Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa asli, serta terdapat potensi yang besar di lapangan perguruan, baik tenaga pengajar dan siswanya.

Panitia pendirian universitaspun dibentuk, dengan ketua Mohammad Saleh, Wali Kota Solo saat itu. Hanya saja, usaha ini gagal sebelum sempat dimulai.

Penyebabnya adalah tidak adanya sumber keuangan baik dari pemerintah daerah dan pusat, timbulnya keinginan sementara golongan untuk mendirikan universitas swasta secara sendiri-sendiri, dan kurang mendapat simpati beberapa orang dari Universitas Gajah Mada.

Adanya hambatan dan pembangunan yang sedang dilakukan di Kota Solo membuat gagasan pendirian itupun lenyap. Hal itu ditambah pula dengan kegaduhan politik antarpartai yang berebut kekuasaan di pemerintahan.

Akreditasi Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret

Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu program Studi di Universitas Sebelas Maret yang cukup banyak peminatnya. Hal ini didukung oleh boomingnya industri media di era reformasi ini dan keterbatasan tenaga kerja untuk memasuk bidang komunikasii.

Mengisi ceruk kerja inilah prodi Ilmu Komunikasi menyiapkan para lulusannya untuk menjadi insan yang memiliki kompetensi kerja di industri media.

Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret telah melakukan kerjasama dengan berbagai institusi, baik sesama perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri maupun dengan berbagai instansi baik  stake-holder maupun yang membutuhkan jasa atau kerjasama dengan prodi.

Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret telah menjalin kerjasama dengan University Sains of Malaysia (USM) dalam bidang penelitian, Internasional seminar, serta pertukaran mahasiswa (Students Excjange) dengan Newcastle University Australia.

Bidang penelitian bekerjasama dengan perguruan Tinggi di Indonesia. Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret menjadi anggota Asosiasi Pengelola pendidikan Tinggi Komunikasi (ASPIKOM).

Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret menjadi tempat untuk studi banding perguruan tinggi lain dalam memajukan keilmuan dan manajemennya.

Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret terutama diarahkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di industri media terutama broadcating/televisi, media cetak, bidang periklanan dan public relations.

Demikian pula para lulusan prodi ini banyak yang bekerja dalam bidang pemerintahan terutama sebagai tenaga dosen, bidang humas protokoler, dan perbankan.

Akreditasi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret

Akreditasi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret yaitu sebagai berikut.

  • Akreditasi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret jenjang S1 adalah A. Sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 3690/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2020. SK ini berlaku semenjak 2020 hingga 2025-06-28.
  • Akreditasi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret jenjang S2 adalah. Sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 3254/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2018. SK ini berlaku semenjak 2018 hingga 2023-12-12.
  • Akreditasi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret jenjang S3 adalah Baik Sekali. Sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 11070/SK/BAN-PT/Akred/D/IX/2021. SK ini berlaku semenjak 2021 hingga 2026-09-28.

Demikianlah pembahasan mengenai akreditasi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *