Akreditasi Jurusan Teknologi Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Akreditasi Jurusan Teknologi Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Akreditasi Jurusan Teknologi Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan institusi perkuliahan yang Unggul dan Islami dan telah dilengkapi dengan sistem perkuliahan yang berkemajuan dan bertaraf internasional.

Serta kehidupan kampus yang telah dirancang seimbang guna menghasilkan lulusan yang unggul dalam teknologi namun tetap berlandaskan nilai-nilai keislaman.

Gagasan untuk mendirikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di ibukota nya Muhammadiyah akhirnya berhasil diwujudkan pada tanggal 1 Maret 1981 sesuai dengan keputusan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PWM DIY).

Tepat pada 1 November 1981 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memulai kegiatan akademik dan perkuliahan pertama dilaksanakan di Gedung SPG Muhammadiyah (Kampus Pertama UMY) dengan status pinjam sementara.

Setelah usaha yang dilakukan untuk mewujudkan kampus impian, akhirnya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang semula melakukan aktivitas perkuliahan di SMA II Muhammadiyah setelah beralih dari SPG Muhammadiyah berhasil membangun gedung perkuliahan pertama pada 14 Juli 1985 di Timur Lapangan ASRI yang sekarang dikenal dengan Asri Medical Center Yogyakarta.

Perkembangan signifikan mulai terjadi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tahun ajaran 1987/1988 dimana angka kenaikan calon mahasiswa baru mencapai 200% lebih banyak dari awal dibukanya kampus ini.

Akreditasi Jurusan Teknologi Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Program Studi Teknik Mesin Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah Program Studi Unggulan D3 Teknik  di bawah Fakultas / Program Studi Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Didukung dengan Staf pengajar lulusan perguruan Tinggi ternama seperti UGM, UNS, dll juga dengan usia pengajar yang masih muda menjadikan perkembangan Program Studi Teknik Mesin Vokasi lebih cepat dalam mengakselerasi berkompetensi dengan Program Studi  Teknik Mesin di perguruan tinggi lain.

Selain keunggulan dalam bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) Program Studi Teknik Mesin Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga selalu menekankan penerapan nilai-nilai ke Islaman dalam kehidupan Proses Belajar mengajar (IMTAQ), sebagai upaya pembentukan karakter mahasiswa.

Di awal kuliah mahasiswa baru diberi pengenalan mengenai wawasan pendidikan agama Islam dalam bentuk OSDI (Orientasi Studi Islam) kemudian di pertengahan perkuliah dilakukan kegiatan KIAI (Kuliah Intensif Al Islam dan Kemuhammadiyahan) dan mengawali perkuliahan di dalam kelas dengan tadarus.

Kegiatan inilah yang menjadi ciri pembeda Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan kampus lain. Akreditasi Jurusan Teknologi Mesin adalah Akreditasi B dari BAN-PT.

Itulah pembahasan terkait Akreditasi Jurusan Teknologi Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *