Akreditasi Jurusan Ilmu Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta

Akreditasi Jurusan Ilmu Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta

Akreditasi Jurusan Ilmu Pendidikan Bahasa Universitas Negeri YogyakartaUniversitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tanggal 21 Mei 1964. 

UNY awalnya merupakan bagian dari Universitas Gajah Mada (UGM), yaitu Fakultas Pedagogik (FP) yang didirikan pada tanggal 19 September !955. 

Fakultas ini kemudian dipecah menjadi tiga fakultas pada tanggal 2 Februari 1962, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Djasmani (FPD), serta Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan (FKIP). 

FPD kemudian lepas dari UGM dan menjadi Sekolah Tinggi Olahraga (STO) pada tahun 1963. Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan, kebutuhan akan tenaga kependidikan juga semakin berkembang dan peminat Fakultas Pendidikan UGM juga semakin bertambah. 

Karena itu, muncul Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 92 th 1962 tentang didirikannya Institut Pendidikan Guru (IPG). 

Pada tanggal 3 Januari 1963, FKIP dan IPG disatukan diterapkan Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) Yogyakarta, yang diresmikan pada tanggal 21 Mei 1964.

Pada bulan September 1965, IKIP Yogyakarta telah memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Keguruan Ilmu Eksata (FKIE), Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS), Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS), serta Fakultas Keguruan Teknik (FKT). 

Saat itu, IKIP Yogyakarta masih belum memiliki gedung sendiri. Kegiatan pendidikannya masih dilakukan di gedung UGM, berbagai sekolah negeri di Yogyakarta, sert di gedung milik Kraton Kesultanan Yogyakarta.

Akreditasi Jurusan Ilmu Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta 

Akreditasi Jurusan Ilmu Pendidikan Bahasa S3 Universitas Negeri Yogyakarta

Perguruan Tinggi: Universitas Negeri Yogyakarta
Program Studi: Ilmu Pendidikan Bahasa
Strata: S3
No. SK: 10984/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/D/IX/2021
Tahun SK: 2021
Akreditasi: Unggul
Tanggal Kedaluwarsa: 2026-09-21

 

Baiklah teman-teman itulah pembahasan kita tentang Akreditasi Jurusan Ilmu Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *