Akreditasi Jurusan Sastra Inggris Universitas Kanjuruhan

Akreditasi Jurusan Sastra Inggris Universitas Kanjuruhan

Akreditasi Jurusan Sastra Inggris Universitas Kanjuruhan- Universitas Kanjuruhan Malang adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta terkemuka di Kota Malang dan merupakan proses pengembangan merger antara IKIP PGRI Malang dengan Sekolah Tinggi Bahasa Asing

(STIBA) Kanjuruhan Malang yang bernaung di bawah bendera Yayasan Pembina Lembaga Perguruan Tinggi PGRI. Yayasan ini kemudian berubah menjadi Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi PGRI (PPLP PT PGRI).

Dengan demikian, berdirinya Universitas Kanjuruhan Malang merupakan proses pengembangan perguruan tinggi PGRI dengan SK Mendiknas nomor 106/D/0/2001.

Sebelum menjadi sebuah universitas, perjalanan panjang telah mewarnai perguruan tinggi ini. Pasang surut penyelenggaraan telah dialami dengan berbagai tantangan dan halangan, tetapi dengan dilandasi moto Brilliant, Bright, future membuat perkembangannya semakin mantap.

Gagasan yang dirintis untuk mendirikan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan PGRI di Jawa Timur lahir dari peran tokoh pejuang PGRI. bernama Abdul Radjab (almarhum).

Pendirian Pendidikan Tinggi PGRI bertujuan untuk meningkatkan pendidikan para guru, yang pada waktu itu tidak mendapat kesempatan melanjutkan studi ataupun tugas belajar dari pemerintah.

Mengingat, sejak proklamasi sampai dengan tahun 1960-an tugas belajar untuk studi lanjut bagi guru amatlah langka.

Atas pertimbangan fakta tersebut Bapak A. Radjab beserta para pendukungnya membuka suatu program pendidikan Tinggi PGRI bagi guru-guru tersebut. Ide besar ini kemudian direalisasikan pada tahun 1957 dalam bentuk program pendidikan tinggi PGRI,

Kursus BI (tiga tahun), dan ilmu mendidik. Pada perkembangannya, setelah kursus BI meluluskan beberapa kali lewat ujian negara, kemudian berubah menjadi FKIP PGRI Malang.

Setelah keluar SK Presiden No.1 Tahun 1963 tentang Integrasi Pendidikan Tinggi, selanjutnya FKIP PGRI berubah menjadi IKIP PGRI Malang.

Universitas jurusan sastra inggris terbaik di Indonesia

  • Universitas Indonesia 

Universitas Indonesia merupakan universitas yang banyak diminati para calon mahasiswa. UI menyediakan jurusan sastra Inggris terbaik dengan akreditasi unggul.

Universitas Indonesia menempati posisi ke 801-1000 sebagai universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education. Mahasiswa pada jurusan ini akan mempelajari tentang dasar linguistik bahasa Inggris, morfologi bahasa Inggris, sintaksis bahasa Inggris, dan kritik sastra Inggris.

  • Universitas Gadjah Mada (UGM) 

Universitas Gadjah Mada merupakan universitas yang sangat populer di Yogyakarta. Di UGM tersedia jurusan Sastra Inggris terbaik, dengan akreditasi A.

Beberapa mata kuliah yang terdapat pada jurusan ini antara lain, listening and speaking, grammar 1, syntax and semantics, dan english romantic: literature.

Universitas Gadjah Mada menempati rangking lebih dari 1.201 sebagai universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education. Baca Juga 10 PTN dengan Daya Tampung Jalur Mandiri Paling Banyak.

  • Universitas Padjadjaran 

Universitas Padjadjaran (Unpad) adalah universitas negeri di Kota Bandung yang juga menyediakan jurusan sastra Inggris terbaik. Jurusan sastra Inggris di universitas ini sudah terakreditasi A.

Mata kuliah yang diajarkan pada jurusan ini di antaranya adalah paragraph writing, essay writing, reading for general interests, dan basic grammar. Universitas Padjadjaran menempati peringkat lebih dari 1201 sebagai universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education.

  • Universitas Gunadarma 

Universitas Gunadarma merupakan salah satu universitas swasta yang kampusnya terdapat di beberapa lokasi. Jurusan sastra Inggris di kampus ini sudah terakreditasi A.

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari fonologi bahasa inggris, kejurubahasaan Indonesia-Inggris, interaksi budaya, dan morfologi bahasa Inggris.

Universitas Gunadarma menempati rangking ke 3.085 sebagai universitas terbaik di dunia versi Webometrics.

  • Universitas Bina Nusantara 

Universitas Bina Nusantara (BINUS) adalah salah satu universitas swasta ternama di Jakarta. Jurusan sastra Inggris di kampus ini sudah terakreditasi Unggul.

Beberapa mata kuliah di jurusan ini yaitu Indonesian language, language in use, English syntax, dan project in language. BINUS menempati peringkat ke 1.864 sebagai universitas terbaik di dunia.

Akreditasi Jurusan Sastra Inggris Universitas Kanjuruhan

Akreditasi Jurusan Sastra Inggris S1 Universitas Kanjuruhan

Perguruan Tinggi: Universitas Kanjuruhan
Program Studi: Sastra Inggris
Strata: S1
No. SK: 1823/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019
Tahun SK: 2019
Akreditasi: B
Tanggal Kadaluarsa: 2024-05-28

 

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Akreditasi Jurusan Sastra Inggris Universitas Kanjuruhan, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *