Akreditasi Jurusan Ilmu Hukum Universitas Bung Hatta

Akreditasi Jurusan Ilmu Hukum Universitas Bung Hatta

Akreditasi Jurusan Ilmu Hukum Universitas Bung Hatta – Universitas Bung Hatta adalah salah satu universitas swasta terbesar di Sumatera Barat yang menyandang nama besar Bapak Proklamator Indonesia, Mohammad Hatta.

Universitas Bung Hatta didirikan pada 20 April 1981 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara. Pada 1996, berganti nama menjadi Yayasan Pendidikan Bung Hatta dengan kampus utama terletak di Jalan Sumatra, Ulak Karang, Kota Padang

Saat ini, hingga per tahun 2020, Universitas Bung Hatta (UBH) memiliki sebanyak 7 fakultas dan 33 program studi. Berikut ini detail atau rincian program studi / jurusan di Universitas Bung Hatta (UBH).

  • Program Vokasi (D3)
    • 1 program studi Diploma III
  • Program Sarjana Terapan (D4)
    • 2 program studi Sarjana Terapan / Diploma IV
  • Program Sarjana (S1)
    • 24 program studi Sarjana / Strata 1
  • Program Pascasarjana (S2)
    • 6 program studi Magister / Strata 2

Saat ini Akreditasi Jurusan Ilmu Hukum Universitas Bung Hatta memperoleh akreditasi B dari tahun 2019 hingga 2024

Fakultas hukum bung hatta

Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta saat ini memiliki 2 (dua) Program Studi, yaitu: Program Studi Ilmu Hukum Strata-1 (S-1) dan Program Magister Ilmu Hukum Strata 2 (S-2).

Di samping itu, Fakultas Hukum juga menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Dalam menyelenggarakan pelayanan akademik, Fakultas Hukum didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten, terdiri dari Doktor, Magister, maupun Praktisi (Praktisi Hukum dan Praktisi Teknologi Informasi).

Transfer ilmu tidak hanya mengandalkan cara konvensional tetapi telah mengikuti perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat.

Untuk mendukung pengembangan keilmuan, terdapat beberapa pusat studi di Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, yaitu: Pusat Studi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PUSHAM), Pusat Kajian Hukum dan Konstitusi (PUSKASI), Bung Hatta Anti Korupsi (BHAKTI).

Pusat Studi dimotori oleh dosen-dosen yang memiliki integritas dalam mengembangkan bidang keilmuan masing-masing.

Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, Fakultas Hukum mendirikan Klinik Hukum. Klinik Hukum dikelola oleh dosen dan alumni yang telah memiliki sertifikat profesi (pengacara dan mediator).

Kegiatan Klinik Hukum adalah memberikan konsultasi hukum dan advokasi hukum untuk masyarakat umum, ini sebagai wujud dari kepedulian sosial Fakultas Hukum kepada masyarakat.

Akreditasi fakultas hukum bung hatta

Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta (FH UBH) dibuka pertama kali 20 April tahun 1981. Program Studi Ilmu Hukum adalah satu-satunya bidang studi di FH UBH. Fakultas ini telah memperoleh Akreditasi B sejak tahun 1998.

Kemudian pada Tahun 2003 kembali  memperoleh Akreditasi B berdasarkan Surat  Keputusan Badan Akreditasi Nasional Departemen Pendidikan , Pada Tahun 2006 , sebagai wujud dari upaya untuk memperkuat integritas diri,

Program Studi Ilmu Hukum Berhasil meraih hibah PHK A2 dari Dikti. Pada tahun 2009 BAN PT, 6 Mei 2009 yang berlaku hingga tahun 2014.

Selain menyelenggarakan pembelajaran dengan cara penjurusan, FH UBH juga mengelola Program Kekhususan (PK) untuk menunjukkan arah minat akademik para mahasiswa.

Akreditasi Jurusan Ilmu Hukum Universitas Bung Hatta

Program Studi Ilmu Hukum memiliki tanggung jawab untuk menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang hukum dan kebijakan serta mempunyai kemampuan dalam menganalisis isu-isu hukum yang berkembang sejalan dengan perkembangan masyarakat.

Berikut adalah data terbaru akreditasi prodi/jurusan Ilmu Hukum yang kami rangkum dari laman BAN-PT. Jika kamu ingin mendapatkan informasi terupdate dan mengecek akreditasi program studi Ilmu Hukum di Universitas Bung Hatta, silahkan cek di bawah ini.

Program Studi: Ilmu Hukum (S1)
Nama Perguruan Tinggi: Universitas Bung Hatta
Peringkat Akreditasi: B
Tahun SK: 2019
No SK: 4114/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019
Berlaku Hingga: 2024-10-30

 

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Akreditasi Jurusan Ilmu Hukum Universitas Bung Hatta, Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *