Cara Membuat Daftar Pustaka Menjorok dengan Mudah

Cara Membuat Daftar Pustaka Menjorok

Akreditasi.org, Cara membuat daftar pustaka menjorok – ada 3 cara yang bisa kamu pilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhan kamu dalam membuat daftar pustaka.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah daftar Pustaka, apalagi kalau kamu berkecimpung dalam dunia akademisi. Ketika membuat tugas karya ilmiah baik itu makalah, skripsi, tesis dan lain sebagainya, salah satu unsur yang harus ada adalah daftar pustaka.

Daftar pustaka adalah salah satu elemen penting dalam sebuah skripsi. Namun dari pengalaman saya, banyak mahasiswa yang masih bingung bagaimana cara menyusun daftar pustaka. Hal ini juga terjadi pada teman-teman yang lain.

Mereka mengeluh dan menyatakan menyusun daftar pustaka adalah sesuatu yang rumit. Padahal, penulisan daftar pustaka sudah sering disinggung oleh dosen di berbagai mata kuliah di kampus. 

Sudah tahukah kamu tentang cara membuat daftar pustaka? Daftar pustaka penting dilampirkan pada sebuah karya ketika ia mengacu pada rujukan aslinya. Cara membuatnya tentunya tidak lepas dari pemahaman akan komposisi penyusunnya.

Maksudnya yaitu apabila kamu ingin menuliskan daftar pustaka, maka kamu harus tahu susunannya terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kamu memikirkan mengenai format penulisannya ketika akan dibuat di ms word.

Jika kamu pernah membuat atau setidaknya melihat penulisan daftar pustaka pada sebuah karya tulis, maka sudah mempunyai gambaran bagaimana komposisi penyusunnya. Untuk penulisan sumber rujukan dari buku, ia dituliskan sesuai urutan RangHunDulTaMabit. 

RangHunDulTaMabit ini maksudnya adalah nama pengarang, tahun diterbitkan, judul buku, kota penerbit, dan nama penerbit. Kehadiran daftar pustaka menjadi bagian akhir yang menjadi informasi dari penulisan karya ilmiah, seperti makalah, proposal, skripsi, hingga buku. 

Dalam proses pembuatan karya tersebut, biasanya banyak digunakan berbagai artikel sebagai sumbernya. Tak hanya artikel biasa, jurnal, berita internet, dan masih banyak lagi juga sering digunakan. 

Cara membuat daftar pustaka ini memang mudah, tapi butuh kejelian. Pasalnya, harus diingat bahwa penulisannya sangat berbeda dengan daftar pustaka dari buku biasa. Cara membuat daftar pustaka perlu dipraktikkan dengan benar. 

Jika tidak, dapat membuat informasi yang diberikan pada pembaca jadi tidak tersampaikan. Khususnya jika informasi tersebut berkaitan dengan kutipan yang penulis ambil untuk melengkapi informasi karya ilmiah

Jika sumber yang kamu gunakan berasal dari jurnal atau media cetak lainnya maka urutan nya tidak lagi seperti di atas. Urutan komposisinya menjadi nama pengarang dan judul bacaan. 

Sedangkan untuk referensi dari internet maka komposisinya menjadi nama pengarang, tahun tayang, judul bacaan, url, dan waktu pengutipan.

Setelah kamu mengetahui komposisinya, maka kamu perlu tahu cara membuat daftar pustaka di MS word. Biasanya seseorang kebingungan tentang cara membuatnya menjorok kedalam. Ada juga yang mau simple tapi tidak tahu cara membuatnya menjorok otomatis. 

Namun tidak jarang juga yang memilih untuk jurus andalan yaitu cara membuatnya manual. Masih banyak yang belum mengetahui cara membuat daftar pustaka menjorok kedalam ctrl gdocs maupun word.

Nah pada kesempatan kali ini mimin akan membahas cara membuat daftar pustaka menjorok beserta langkah-langkahnya:

Cara Membuat Daftar Pustaka Menjorok Kedalam

Berikut cara membuat daftar pustaka menjorok kedalam secara otomatis:

  • Lakukan blok pada paragraf yang ingin kamu ubah menjadi paragraf menggantung (hanging)
  • Selanjutnya, lakukan klik kanan dan pilih “Paragraph”.
  • Nanti ada tab yang muncul, tepat pada bawah Indentation section, ubah dropdown Special menjadi Hanging.
  • Klik tombol Ok dan selesai, paragraf yang telah kamu blok sebelumnya akan berubah dalam format Hanging
  • Secara default, paragraf akan menjorok sebanyak 0.5″, dan kamu bisa merubah pengaturan tersebut melalui dropdown By yang berada di samping dropdown Special.

Cara Membuat Daftar Pustaka Menjorok Ke Kanan

Untuk cara mudah dan otomatis membuat daftar pustaka menjorok yaitu menggunakan menu indentation. Indentation ini ada pada menu mistar, selengkapnya berikut ini:

  • Seleksi seluruh paragraf yang akan kamu jorokan ke kanan baris pertamanya
  • Klik tab Home, tekan tanda anak panah pada sudut kanan bawah pada group Paragraph
  • Dalam kotak dialog yang muncul, tepatnya pada bagian bawah Indentation, ubah Special : First Line

Yang perlu kamu ketahui bahwa jarak menjoroknya baris pertama paragraf dari garis tepi yaitu 1,27 cm.

Cara Membuat Daftar Pustaka Menjorok Otomatis 

  • Aktifkanlah file daftar pustaka dengan membukanya
  • Lalu pada menu bar carilah pilihan References, kemudian kliklah manage Sources lalu New.
  • Setelah itu kliklah pilihan New lagi.
  • Pada tampilan jendela baru pilihlah jenis referensi yang akan kamu tuliskan daftar pustakanya di tab Type of source.
  • Isilah kolom kolom yang disediakan sesuai guidance. Kolom itu akan menyesuaikan berdasarkan pilihanmu di jenis sumber yang akan kamu tuliskan sebagai daftar pustaka

Demikianlah teman-teman pembahasan mimin kali ini tentang cara membuat daftar pustaka menjorok. Semoga Cara Membuat Daftar Pustaka Menjorok ini mudah dipahami dan semoga bermanfaat ya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *