Apakah Itu Magang? Ini Penjelasan Tepatnya.

Apakah Itu Magang?

Apakah itu magang – Sering muncul pertanyaan seperti itu. Lalu ada lagi pertanyaan Apakah magang sama dengan internship atau PKL? 

Berikut Penjelasan Apakah Itu Magang!

Apakah Itu Magang?

Magang adalah proses penerapan pengetahuan atau kompetensi dari dunia pendidikan ke dunia kerja secara di mana pemagang bisa memahami sistem kerja dunia profesional yang sebenarnya. 

Menurut undang-undang, magang adalah bagian dari salah satu pelatihan kerja yang terselenggara di sebuah perusahaan. Dasar hukum yang mengatur tentang magang adalah Undang-undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 21 – 30 di UU.  

Selain itu, magang juga diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 yang juga membahas pemagangan ini secara spesifik di dalam negeri.

Bagi pelajar SMK mungkin sudah umum dengan yang namanya internship atau istilahnya Praktek Kerja Lapangan (PKL). 

Pemagangan ini juga cukup umum dilakukan oleh para mahasiswa apalagi beberapa perguruan tinggi mewajibkan dan menganjurkannya agar mahasiswa lebih kompeten saat masuk dunia kerja.

Saat ini banyak program internship mahasiswa bersertifikat. Salah satunya adalah Program Kampus Merdeka atau Magang Merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Melalui program ini, mahasiswa mendapatkan peluang fleksibilitas yang luas untuk menyiapkan dirinya memasuki dunia profesi yang bersama-sama diciptakan dengan dunia kerja.

Lalu akan timbul pertanyaan apa itu magang kampus merdeka? magang kampus merdeka merupakan program  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ketika mengikuti program ini, kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang tentunya akan sangat berguna ketika kerja nanti.  

Selain pengalaman memecahkan masalah, kamu akan  mendapat bimbingan secara penuh, imersif dan disertai sertifikat industri, hingga uang saku dan biaya hidup selama magang disubsidi oleh Kemendikbud. Nah lantas timbul lagi pertanyaan baru mengenai apa itu Magang Dharma Bank Jateng? 

Magang Dharma Bank Jateng merupakan komitmen dari Bank Jateng mengembangkan sumber daya manusia serta kesempatan para lulusan sekolah menengah atas dan kejuruan serta diploma menjalani praktek kerja langsung di bank milik Pemerintah Provinsi Jawa tengah ini.

Adapun syarat magang dharma bank jateng sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia, diutamakan berdomisili di Jawa Tengah
  2. Pria/Wanita
  3. Usia 18-24 tahun
  4. Lulus SMA/SMK dengan nilai UAN minimal 7,0 atau Diploma (D1-D3) dengan IPK minimal 2,5
  5. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter
  6. Berkelakuan baik dibuktikan dengan SKCK
  7. Sanggup dan bersedia untuk penempatan magang di seluruh Unit Kerja Bank Jateng
  8. Bersedia untuk tidak menikah selama menjalani program magang

Sekian informasi mengenai pertanyaan apa itu magang ? Serta pertanyaan lain yang menggumpal di pikiran kalian semua, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *