Masa Reformasi Indonesia, Ini Sejarahnya!

Masa Reformasi Indonesia

Masa Reformasi Indonesia – Anda mungkin pernah mendengar istilah Reformasi. Kata ini seharusnya sering muncul dalam buku pelajaran IPS. Lalu apa yang dimaksud dengan reformasi?

Definisi Reformasi

Apa itu Reformasi? Menurut KBBI, definisi reformasi adalah perubahan drastis ke arah yang lebih baik (sosial, politik, atau agama) dalam suatu masyarakat atau negara. Gagasan reformasi juga merupakan awal dari perubahan sistem, sistem atau cara hidup dalam suatu kelompok masyarakat.

Perubahan sistem dan gaya hidup bergerak dengan cepat. Hmm, membaca definisi ini, Anda mungkin ingat sedikit tentang kata revolusi.

Dengan beberapa perbedaan, berdasarkan pemahaman mereka, makna reformasi cenderung bergeser pada tataran yang menjawab persoalan otoritas dan kekuasaan formal, daripada hanya terbatas pada sistem dan tata kelola masyarakat.

Masa Reformasi Indonesia 1998

Tahukah Anda bahwa Reformasi terjadi di Indonesia? Masa reformasi Indonesia dimulai pada Mei 1998. Peristiwa era reformasi dipicu oleh krisis ekonomi dan hilangnya kepercayaan publik terhadap pemerintahan Presiden Soeharto.

Kepercayaan ini memudar karena pemerintah gagal mengatasi krisis ekonomi yang dialami Indonesia pada tahun 1997. Jadi kedua alasan ini terkait. Apa periode reformasi Indonesia? Kuy, kita tahu masa reformasi di Indonesia!

Demokrasi tidak berjalan dengan baik karena konstitusi pemerintah Indonesia sebelum masa reformasi 1998 dimiliterisasi. Lebih jauh lagi, perekonomian ambruk akibat korupsi, kolusi, maraknya nepotisme, dan ketergantungan perekonomian Indonesia pada modal asing.

Karena keadaan ini dan banyak kerugian lain dari masyarakat, sebuah gerakan reformasi yang dipimpin oleh mahasiswa dan intelektual muncul pada tahun 1998. Enam hal yang dituntut gerakan reformasi pada tahun 1998:

  • Adiris Hart dan para pendukungnya
  • Amandemen UUD 1945
  • Otonomi daerah seluas-luasnya
  • Menegakkan supremasi hukum
  • Memberantas KKN
  • Penghapusan Soeharto dari kursi pemerintahan dan
  • Menghapus peran ganda ABRI. Tragedi Trisakti

Peristiwa yang memicu gerakan reformasi

terjadi pada tanggal 12 Mei 1998 di Universitas Trisakti Jakarta. Empat mahasiswa tewas akibat luka tembak dalam bentrokan antara aparat keamanan dan demonstran saat itu.

Empat siswa: Elan Mulia Lesmana, Heri Hartant, Hendriawan Shih dan Hafiddin Royan. Peristiwa itu menyebabkan gelombang demonstrasi besar-besaran pada 13 dan 14 Mei 1998.

Kerusuhan dan Penjarahan Massal

Tragedi Trisakti mengakibatkan kerusuhan berupa pembongkaran toko, rumah, kantor dan kendaraan warga. Kerusuhan pecah di banyak bagian ibu kota. Sasaran utama dari 4.444 gerombolan itu adalah properti milik komunitas Tionghoa di Jakarta. Banyak toko, kantor, dan bahkan rumah pribadi yang dianggap milik orang Tionghoa dibakar, dirusak, dan dijarah.

Pendudukan gedung MPR/DPR

Selain sejumlah kerusuhan, tewasnya empat mahasiswa Trisakti juga memicu kemarahan mahasiswa. Salah satu elemen terbesar dari demonstrasi adalah mahasiswa.

Pada tanggal 20 Mei, pengunjuk rasa mahasiswa menduduki gedung MPR/DPR dan meminta Presiden Soeharto untuk mengundurkan diri. Dan mereka mulai mengisi pos-pos penting pemerintah, termasuk gedung MPR/DPR di Senayan.

Masa reformasi berlangsung tahun sampai?

Ketidakstabilan politik dan ekonomi, tekanan dari parlemen dan rakyat Indonesia pada umumnya telah menghasilkan peristiwa bersejarah. Pada 21 Mei 1998, Presiden Soeharto secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya.

Ia kemudian mengangkat Deputi B.J. Habibie menggantikan posisinya sebagai Presiden Republik Indonesia di istana. Masa reformasi masih berlangsung hingga sekarang ya guys!!!

Demikianlah ulasan mengenai masa reformasi di Indonesia. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu ya dan bisa menjawab semua pertanyaanmu atau rasa penasaran kamu dengan masa ini. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *