Pengantar Statiska Sosial

Pengantar Statiska Sosial

Pengantar Statiska Sosial – Statistika merupakan bagian yang tak terpisahkan dari berbagai bidang ilmu termasuk ilmu-ilmu sosial sehingga muncullah istilah statistika sosial atau yang sehari-hari lazim disebut secara singkat sebagai statistik sosial.

Istilah statistik sosial yang dipakai dalam modul ini diartikan sebagai ilmu pengetahuan (cabang statistika) yang di dalamnya banyak membahas tentang prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang digunakan dalam mengumpulkan, menganalisis, 

Serta menginterpretasikan sekumpulan data yang berkaitan dengan gejala-gejala sosial. Wujudnya bisa merupakan kegiatan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan sosial, 

Seperti kegiatan mengolah dan menganalisis data-data sosial keagamaan untuk kemudian diinterpretasikan dan direpresentasikan dalam tabel ataupun diagram/grafik yang menggambarkan kondisi suatu data statistik komunitas atau masyarakat tertentu.

Pengantar Statiska Sosial tentang variabel 

Variabel dalam proses penghitungan, khususnya aljabar benar-benar hanya berarti satu hal, yaitu nilai yang tidak diketahui. Namun, dalam statistik dan statistika, kita akan menemukan banyak jenis variabel. 

Dalam kebanyakan kasus, kata variabel tetap berarti bahwa kita sedang berurusan dengan sesuatu yang tidak diketahui, tetapi tidak seperti dalam aljabar, yang tidak diketahui tidak selalu berupa angka.

Jenis variabel yang mungkin sudah umum kita dengar yaitu variabel independen dan variabel  dependen. Contoh variabel bebas misalnya waktu dan kecerdasan, sedangkan contoh variabel terikat misalnya skor tes

Selain kedua jenis variabel yang umum tersebut, ada pula jenis variabel yang kurang umum kita dengar seperti variabel eksogen dan endogen.

Variabel statistika adalah karakteristik unit yang sedang diamati yang dapat mengasumsikan lebih dari satu kumpulan nilai yang dapat diberikan ukuran numerik atau kategori dari klasifikasi. Misalnya saja adanya pendapatan, usia, berat, dan lain-lain.

Sedangkan variabel dalam pengertian matematis, yaitu kuantitas yang dapat mengambil salah satu dari kumpulan nilai tertentu. Lebih mudah menerapkan kata yang sama untuk menunjukkan karakteristik yang tidak dapat diukur, misalnya, ‘jenis kelamin’ adalah variabel dalam pengertian ini karena setiap individu manusia dapat mengambil salah satu dari dua ‘nilai’, laki-laki atau perempuan.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang pengantar statiska sosial, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *