Apa Itu Biosfer?

Apa Itu Biosfer?

Apa Itu Biosfer – Biosfer berasal dari kata Yunani “bio” yang artinya hidup dan “sphere” yang berarti lapisan sehingga jika digabungkan, artinya akan menjadi suatu lapisan tempat makhluk hidup.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, biosfer adalah bagian atmosfer yang paling bawah di dekat permukaan bumi, tempat tinggal makhluk hidup, berupa lingkungan hidup yang isinya segala sesuatu yang hidup (manusia, hewan, tumbuhan).

Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa biosfer adalah lapisan yang berupa daratan, air, dan udara tempat berlangsungnya kehidupan seluruh makhluk hidup.

Biosfer bumi merupakan satu-satunya biosfer yang sampai saat ini diketahui ada di dalam tata surya. Hal ini dikarenakan hanya bumi sajalah yang memiliki oksigen dan air yang mendukung kelangsungan hidup setiap makhluk yang ada di dalamnya.

Apa Itu Biosfer Dalam Geografi

Salah satu objek kajian dalam studi geografi adalah biosfer. Biosfer berkaitan dengan fenomena keruangan makhluk hidup yang mencakup flora dan fauna. Kajian biosfer fokus terhadap persebaran tumbuhan dan hewan serta faktor yang mempengaruhinya.

Cabang dari geografi yang khusus mengkaji fenomena biosfer disebut biogeografi. Dalam buku Pengetahuan Dasar Geografi (2015) karya Sri Mintarjo, biogeografi adalah ilmu yang mempelajari sebaran makhluk hidup secara spasial, baik yang terjadi pada masa kini atau masa lampau.

Biogeografi sendiri terbagi atas dua cabang ilmu, sebagai berikut: Fitogeografi, yaitu ilmu geografi yang mempelajari tentang tumbuhan. Zoogeografi, yaitu ilmu geografi yang mempelajari tentang hewan.

Apa Itu Biosfer Dalam Ekosistem

Biosfer mencakup semua jenis ekosistem yang ada di permukaan bumi. Sederhanya, semua faktor biotik dan abiotik di permukaan bumi adalah biosfer.

Apa saja bedanya faktor biotik dan abiotik

  • Biotik (darat, air, udara).
  • Abiotik (protoplasma, sel, jaringan, organ, sistem organ, makhluk hidup, populasi, komunitas, ekosistem, habitat, dan topografi).

Jenis-Jenis Biosfer

Menurut jenis lapisannya, biosfer terbagi menjadi tiga, yaitu litosfer (permukaan bumi/ daratan), hidrosfer (perairan), dan atmosfer (udara).

  • Litosfer

Litosfer merupakan lapisan biosfer yang terdiri dari daratan dan susunan bermacam-macam bebatuan dengan karakteristik berbeda sesuai dengan kedalamannya.

Contoh litosfer adalah pegunungan, bukit, ngarai, lembah, gunung berapi, dan tumpukan magma dari hasil letusan gunung berapi.

  • Hidrosfer

Hidrosfer merupakan lapisan biosfer yang terdiri dari perairan, seperti sungai, laut, rawa, danau, dan samudera.

Hidrosfer memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup di biosfer karena dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup dan juga merupakan lingkungan tempat tinggal sebanyak hampir 70% makhluk hidup.

  • Atmosfer

Atmosfer merupakan lapisan biosfer yang paling atas. Lapisan ini mencakupi udara, Quipperian.

Lapisan atmosfer ini dikenal pula sebagai lapisan ozon yang bertugas untuk melindungi bumi dari serangan benda-benda luar angkasa seperti asteroid atau meteor. Contoh dari atmosfer adalah nitrogen, oksigen, dan karbondioksida.

demikianlah pembahasan tentang apa itu biosfer. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *