Pengantar Linguistik Umum Ferdinand De Saussure dan Verhaar

Pengantar Linguistik Umum

Pengantar Linguistik Umum – Linguistik merupakan ilmu yang mempelajari bahasa dengan segala aspeknya seperti tentang bunyi bahasa (fonologi), bentuk kata (morfologi), kalimat (sintaksis), makna kata (semantik), dan konteks berbahasa. 

Sebagai ilmu bahasa, kata linguistik sering di pasangkan bersama dengan kata umum sehingga menjadi linguistik umum, yaitu ilmu yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan bahasa secara umum. 

Dalam ranah linguistik umum di bagi menjadi tiga kajian, yaitu linguistik deskriptif, linguistik historis, dan linguistik komparatif. Secara umum, linguistik sering digunakan untuk menyatakan ilmu bahasa. 

Istilah linguistik biasa juga dinyatakan dengan berbagai istilah atau nama, di antaranya dalam Kurikulum Perguruan Tinggi (PT), khususnya pada Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, istilah linguistik dinyatakan dengan nama-nama mata kuliah yang berbeda. 

Ada yang menamakannya dengan linguistik, pengantar linguistik, linguistik umum atau pegetahuan linguistik umum. Namun, dengan nama yang berbeda itu, substansi kajiannya sama, yakni mengkaji bahasa. 

Oleh karena itu, linguistik disebut dengan ilmu bahasa atau studi ilmiah mengenai bahasa. Secara tegas, Kridalaksana (1983) menyatakan bahwa linguistik adalah ilmu yang mempelajari, mengkaji atau menelaah hakikat dan seluk bahasa. 

Yakni bahasa secara umum yang di miliki manusia sebagai alat komunikasi atau linguistik adalah ilmu tentang bahasa atau ilmu yang menyelidiki bahasa secara ilmiah.

Seperti ilmu yang lain, ilmu linguistik telah mengalami tahap-tahap perkembangan. Tahap-tahap perkembangan itu meliputi: 

(1) tahap spekulasi; 

(2) tahap observasi dan klasifikasi; dan 

(3) tahap adanya perumusan teori. 

Chaer (1994) menjelasakan tahap-tahap perkembangan ilmu itu seperti berikut ini.

Tahap Spekulasi

Pada tahap ini, pembicaraan mengenai sesuatu dan cara mengambil kesimpulan dilakukan dengan sikap spekulasi. 

Artinya, kesimpulan itu dibuat tanpa di dukung oleh bukti-bukti empiris dan di laksanakan tanpa menggunakan prosedur-prosedur yang tertentu. 

Selanjutnya, Chaer (1994: 26) menjelaskan pula, tindakan spekulatif ini misalnya dalam bidang geografi, dulu orang berpendapat bahwa bumi ini berbentuk datar seperti meja.

Kalau ditanya apa buktinya, atau bagaimana cara membuktikannya, tentu tidak dapat dijawab, atau kalaupun dijawab akan secara spekulatif pula. 

Kemudian karena melihat matahari setiap pagi terbit di sebelah timur dan terbenam pada sore hari di sebelah barat, maka orang berpendapat bahwa matahari itu berputar mengelilingi bumi. Siang hari berada di atas bumi dan malam hari berada di balik bumi. 

Sikap spekulatif ini pernah terjadi dalam studi bahasa. Dulu orang mengira bahwa semua bahasa di dunia ini diturunkan dari bahasa Ibrani, maka orang juga mengira Adam dan Hawa memakai bahasa Ibrani di Taman Firdaus. 

Suku Dayak Iban di Kalimantan mempunyai legenda yang menyatakan bahwa pada zaman dahulu manusia hanya punya satu bahasa, tatapi karena mereka keracunan cendawan mereka menjadi berbicara dalam berbagai macam bahasa.

Sehingga timbulnya banyak kekacauan, dan manusia berpencar ke segala penjuru arah ke mana-mana. Bahkan sampai akhir abad yang ke-17 seorang filosof Swedia masih menyatakan bahwa di surga Tuhan berbicara dalam bahasa Swedia, Adam berbicara dalam bahasa Denmark.

Dan ular berbicara dalam bahasa Prancis. Semuanya itu hanyalah spekulasi pada zaman dulu dan pada zaman sekarang sukar diterima oleh masyarakat banyak.

Pengantar Linguistik Umum Ferdinand De Saussure Pdf 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan buku pengantar linguistik umum ferdinand de saussure pdf kalian bisa gunakan klik link ini (Klik Disini)

Dalam buku Pengantar Linguistik Umum Ferdinand De Saussure Pdf yang dibahas mengenai apa itu linguistik, apa objek kajiannya, bagaimana cara kerjanya, masalah-masalah apa saja yang bertalian dengan linguistik, serta siapa-siapa saja tokoh linguistik.

Untuk kalian yang mencari pengantar linguistik umum verhaar pdf kalian bisa gunakan link ini untuk mencarinya (https://repositori.kemdikbud.go.id/23606/1/PENGANTAR%20LLINGUISTIK%20UMUM.pdf )

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Pengantar Linguistik Umum Ferdinand De Saussure dan Pengantar Linguistik Umum Verhaar, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.       

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *