Hidrologi Terapan: Pengertian Dan Teknik Analisi

Hidrologi Terapan

Hidrologi Terapan – Hidrologi merupakan ilmu yang mempelajari air seperti pergerakan, distribusi dan kualitas air. Hidrologi mempunyai banyak peran di dalam kehidupan, salah satunya peran hidrologi dalam perencanaan SDA.

Untuk dapat memanfaatkan hidrologi tentu diperlukan pemahaman terhadap proses, pengukuran, dan analisis seluruh elemen hidrologi. Ilmu hidrologi dikenal sejak zaman 1608 M. Hidrologi merupakan ilmu yang mengkaji kehadiran dan pergerakan air di bumi.

Dalam kajian hidrologi meliputi potamologi (aliran permukaan), geohidrologi (air tanah), hidrometeorologi (air yang ada di udara dan berwujud gas), limnologi (air permukaan yang relatif tenang seperti danau, dan waduk), kriologi (air berwujud padat seperti es dan salju). Orang yang mempelajari hidrologi disebut dengan hidrologis.

Pengertian hidrologi menurut definisi Singh (1992), mengatakan bahwa pengertian hidrologi adalah ilmu yang membahas karakteristik menurut waktu dan ruang tentang kuantitas dan kualitas air di bumi termasuk proses hidrologi, pergerakan, penyebaran, sirkulasi tampungan, eksplorasi, pengembangan dan manajemen.

Menurut definisi Marta dan Adidarma (1983) dalam pengertian hidrologi yang mengatakan bahwa hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang terjadinya pergerakan dan distribusi air di bumi baik diatas maupun di bawah permukaan bumi, tentang sifat kimia dan fisika air dengan reaksi terhadap lingkungan dan hubungannya dengan kehidupan.

Sedangkan menurut Ray K. Linsley dalam Yandi Hermawan (1986) pengertian hidrologi adalah ilmu yang membicarakan tentang air yang ada di bumi yaitu mengenai kejadian, perputaran dan pembagiannya, sifat fisika dan kimia serta reaksinya terhadap lingkungan termasuk hubungan dengan kehidupan.

Siklus hidrologi adalah sirkulasi air tanpa henti dari atmosfer ke bumi dan kembali lagi ke atmosfer melalui proses kondensasi, presipitasi, evaporasi, dan transpirasi.

Siklus hidrologi dapat juga berarti lebih sederhana yaitu peredaran air dari laut ke atmosfer melalui penguapan, kemudian akan jatuh pada permukaan bumi dalam bentuk hujan, yang mengalir didalam tanah dan diatas permukaan tanah sebagai sungai yang menuju ke laut.

Panasnya air laut didukung oleh sinar matahari karena matahari merupakan kunci sukses dari siklus hidrologi sehingga mampu berjalan secara terus menerus kemudian dalam terjadinya air berevaporasi, lalu akan jatuh ke bumi sebagai presipitasi dengan bentuk salju, gerimis atau atau kabut, hujan, hujan es dan salju, dan hujan batu.

Setelah presipitasi, pada perjalanannya ke bumi akan berevaporasi kembali ke atas atau langsung jatuh yang diinterepsi oleh tanaman disaat sebelum mencapai tanah. Apabila telah mencapai tanah, siklus hidrologi akan terus bergerak secara terus menerus dengan 3 cara yang berbeda.

Apa Itu Hidrologi Terapan?

Hidrologi Terapan adalah studi tentang pergerakan, distribusi, dan manajemen sumber daya air dalam lingkungan nyata. Ini mencakup pemahaman tentang siklus air, curah hujan, limpasan, penyimpanan air, dan sebagainya. Ilmu ini sangat penting dalam perencanaan infrastruktur, manajemen banjir, irigasi, dan pelestarian lingkungan.

Mengapa Hidrologi Terapan Penting?

1. Manajemen Banjir

Salah satu aplikasi utama Hidrologi Terapan adalah dalam manajemen banjir. Dengan memahami pola aliran air dan volume air yang dihasilkan oleh hujan, kita dapat merencanakan sistem pengendalian banjir yang efektif dan melindungi komunitas dari bencana banjir.

2. Perencanaan Irigasi

Dalam pertanian, Hidrologi Terapan digunakan untuk merencanakan sistem irigasi yang optimal. Ini membantu petani mengelola sumber daya air dengan bijak, sehingga hasil panen lebih baik.

Teknik Analisis dalam Hidrologi Terapan

1. Kurva Hujan

Kurva Hujan

Kurva hujan adalah alat penting dalam analisis hidrologi. Ini menggambarkan pola curah hujan rata-rata dalam suatu wilayah selama periode waktu tertentu. Dengan data ini, kita dapat memprediksi potensi banjir dan merencanakan sistem drainase yang tepat.

2. Model Hidrologi

Model hidrologi adalah alat perhitungan yang digunakan untuk memprediksi aliran air dalam sungai atau sungai kecil. Dengan menggunakan data curah hujan, infiltrasi tanah, dan karakteristik topografi, kita dapat menghitung aliran air yang dihasilkan.

Hidrologi Terapan Bambang Triatmodjo Pdf

HIDROLOGI TERAPAN

Bambang Triatmodjo

Beta Offset

HIDROLOGI TERAPAN Prof. Dr. Ir. Bambang Triatmodjo, DEA Dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Cetakan Kedua September 2010

ISBN: 978 – 979 – 8541 – 40 – 7

Hak cipta © 2006 pada Beta Offset Yogyakarta Diterbitkan oleh : Beta Offset Yogyakarta Perum FT-UGM No. 3 Seturan Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta 55281. Telp./Fax: (0274) 485512

Dari tahun 1995 sampai 2001 Bambang Triatmodjo mengajar mata kuliah Hidrologi di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Untuk keperluan mengajar penulis menyusun bahan kuliah, yang semula hanya berupa catatan kuliah.

Dari tahun ke tahun materi tersebut selalu diperbaiki dan disempurnakan sehingga akhirnya menjadi buku ini. Buku Hidrologi Bambang Triatmodjo ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa S-1 di dalam mengikuti mata kuliah Hidrologi. Untuk mempermudah pemahaman teori yang diberikan, setiap materi yang dibahas dilengkapi dengan contoh soal dan penyelesaiannya, serta soal latihan di akhir bab.

Dengan adanya buku ini diharapkan mahasiswa akan bisa mempelajari lebih teratur dan mendalam materi yang diberikan dalam kuliah. Di samping itu mahasiswa juga akan bisa mempelajari terlebih dahulu materi yang akan diberikan sehingga pada waktu kuliah akan dapat lebih mudah memahami penjelasan yang diberikan oleh dosen.

Diharapkan buku ini dapat membantu mahasiswa di dalam memahami materi kuliah hidrologi. Selain untuk mahasiswa S-1, buku ini juga dapat digunakan oleh para praktisi dalam melakukan analisis hidrologi untuk perencanaan bangunan air.

Materi yang terkandung dalam buku ini merupakan rangkuman dari beberapa buku referensi seperti yang diberikan dalam daftar pustaka, pengalaman Bambang Triatmodjo dalam memberikan kuliah, dan pengalaman dalam melaksanakan beberapa studi, penelitian dan pekerjaan yang terkait dengan masalah hidrologi.

Sudah cukup banyak buku tentang hidrologi, terutama yang berbahasa Inggris dan terjemahan dari buku asing. Masing-masing buku tersebut mempunyai penekanan materi yang berbeda. Buku ini ditekankan pada aplikasi ilmu hidrologi dalam perencanaan bangunan air.

Bab I dari buku ini adalah pendahuluan yang menjelaskan definisi dan penerapan ilmu hidrologi dalam perencanaan dan operasi bangunan air serta penjelasan tentang siklus hidrologi. Bab II mempelajari hujan yang meliputi pengukuran hujan dan analisis data hujan.

Penguapan dipelajari dalam BAB II, sedang BAB IV berisi materi tentang infiltrasi. Dalam Bab V diberikan materi tentang hidrometri, yaitu pengukuran parameter aliran di sungai. Bab VI berisi materi limpasan, yaitu pengalihragaman hujan menjadi debit aliran.

Dalam Bab VII dipelajari mengenai analisis frekuensi. Bab VIII berisi Hujan Rencana, yang mempelajari cara penurunan kurva IDF dan distribusi hujan rencana. Bab IX adalah Penelusuran Aliran. Bab X adalah Pengembangan Sumberdaya Air.

Dalam kesempatan ini Bambang Triatmodjo ingin memberikan saran kepada mahasiswa di dalam mempelajari materi kuliah hidrologi (juga mata kuliah yang lain). Selain mengikuti kuliah dan penjelasan yang disampaikan oleh dosen, mahasiswa juga harus rajin mempelajari kembali bahan kuliah tersebut di rumah.

Usahakan untuk tidak hanya membaca materi kuliah, tetapi juga menulis kembali materi tersebut terutama mengenai penurunan rumus dan contoh-contoh soal. Belajar dengan menulis kembali persamaan-persamaan dan mengerjakan contoh soal serta latihan soal lebih mempermudah pemahaman.

Buku Hidrologi Terapan

Berikut beberapa pilihan buku Hidrologi yang bisa kamu gunakan.

  • Hidrologi Dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai

Penulis : Chay Asdak

Penerbit : UGM Press

Tebal : 686 hal

Tahun : 2020

  • Buku Hidrologi Terapan

Penulis : Ir. Zulvyah Faisal, S.T., M.T., dkk

Bidang Ilmu : Teknik

ISBN : 978-623-02-5527-4

Ukuran : 15.5×23 cm

Halaman : x, 198 hlm

Tahun : 2022

  • Buku Rekayasa Hidrologi Edisi Revisi – Lily Montarcih Limantara

ISBN: 978-979-29-7021-0

Penulis: Prof. Dr. Ir. Lily Montarcih Limantara

Ukuran⁄Halaman: 16×23 cm² ⁄ 336 halaman

Edisi⁄Cetakan: I, 1st Published

Tahun Terbit: 2019

  • Buku Hidrologi Terapan: Transformasi Hujan-Aliran dengan HEC-HMS

Penulis: Joko Sujono

ISBN: 978-623-359-163-8

Bahasa Teks Buku Indonesia

Cetakan Pertama, Agustus 2023

Tebal 166 halaman

Ukuran 15,5 cm x 23 cm

Kode Buku H045

Demikianlah pembahasan mengenai Hidrologi Terapan. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan informasi ini, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *