Penelitian Geofisika Eksplorasi Terkini

Geofisika Eksplorasi

Geofisika Eksplorasi – Geofisika eksplorasi merupakan istilah yang sering digunakan dalam penggalian dan pertambangan endapan bahan galian minyak bumi dan gas. 

Geofisika Eksplorasi merupakan cabang terapan geofisika, yang menggunakan metode fisik (seperti seismik, gravitasi, magnet, listrik dan elektromagnetik) di permukaan bumi untuk mengukur sifat fisik bawah permukaan, bersama dengan anomali dalam properti-properti.

Ilmu ini paling sering digunakan untuk mendeteksi atau menyimpulkan keberadaan dan endapan batuan geologi yang  bermanfaat secara ekonomis, seperti mineral bijih, bahan bakar fosil, minyak bumi, gas alam dan lainnya.

Geofisika merupakan bagian dari ilmu bumi yang mempelajari struktur bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. Di dalamnya termasuk juga meteorologi, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer. 

Penelitian geofisika berguna untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan bumi melalui pengukuran di atas permukaan bumi dari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan di dalam bumi. 

Dari pengukuran ini dapat ditafsirkan bagaimana sifat-sifat dan kondisi di bawah permukaan bumi baik itu secara vertikal maupun horizontal.

Bumi sebagai tempat tinggal manusia secara alami menyediakan sumber daya alam yang berlimpah dengan berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang hidup didalamnya. Hewan dan tumbuhan banyak yang punah sehingga tulang belulangnya tertimbun oleh tanah membentuk endapan batuan.

Endapan batuan yang dihasilkan dari peluruhan dan pelapukan hewan dan tumbuhan yang telah mati ternyata mengandung Unsur Hidrokarbon yang dapat diolah menjadi minyak bumi dan gas yang termasuk kekayaan alam yang harus di eksplorasi.

kekayaan alam yang terdapat di bumi dapat dieksplorasi dengan cara dan metode yang tepat sehingga dapat diolah menjadi kekayaan alam dengan dilakukannya galian atau penambangan. 

Eksplorasi adalah penyelidikan geologi yang dilakukan untuk mengidentifikasi, menentukan lokasi, ukuran, bentuk, letak, kuantitas, dan kualitas suatu endapan bahan galian untuk dapat dilakukan analisis dan kajian apakah memungkinkan untuk dilakukannya penambangan.

Salah satu cara yang digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai kekayaan alam dengan menggunakan ilmu terapan geofisika eksplorasi. 

Tujuan dari eksplorasi geofisika adalah untuk membuat model bawah permukaan bumi dengan mengandalkan data lapangan yang diukur bisa pada permukaan bumi atau di bawah permukaan bumi atau bisa juga di atas permukaan bumi dari ketinggian tertentu. 

Untuk mencapai tujuan ini, dilakukan kegiatan survey atau pengukuran harus dilakukan secara terus-menerus, berkelanjutan, dan terintegrasi menggunakan sejumlah ragam metode geofisika.

Dengan analisis data, kita berupaya memperoleh informasi yang relatif valid berdasarkan keterbatasan data yang  dimiliki. Selanjutnya dilakukan proses analisis menggunakan model matematika yang cocok untuk menghubungkan data lapangan dan parameter fisis yang hendak dicari. 

Setelah proses analisis, selanjutnya membuat model bawah permukaan yang akan digunakan sebagai modal dasar interpretasi. Tujuan dari proses ini yaitu penentuan lokasi pemboran untuk mengangkat sumber daya alam bahan tambang atau mineral dan minyak bumi.

Survei geofisika yang sering dilakukan selama ini antara lain:

  1. Metode Geolistrik
  2. Metode Seismik
  3. Metode GPR
  4. Metode Gravity
  5. Metode Magnetik

Jurnal Geofisika Eksplorasi

Penelitian tentang geofisika eksplorasi sudah banyak dibahas dan dipublikasikan melalui jurnal geofisika eksplorasi. Berikut jurnal yang membahas geofisika eksplorasi beserta link yaitu sebagai berikut:

  1. Metode Geofisika dalam Eksplorasi sumber daya mineral Klik disini
    https://www.researchgate.net/publication/352479769_Metode_Geofisika_Dalam_Eksplorasi_Sumber_Daya_Mineral 
  2. Jurnal Geofisika Eksplorasi (Universitas Lampung) Klik disini
    http://jge.eng.unila.ac.id/index.php/geoph/index#:~:text=JGE%20%28Jurnal%20Geofisika%20Eksplorasi%29%20-%20Journal%20of%20Exploration,times%20a%20year%29%20in%20March%2C%20July%20and%20November.
  3. JGE atau Jurnal Geofisika Eksplorasi (Universitas Lampung) Klik disini
    https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/geo
  4. Kumpulan Jurnal Geofisika Eksplorasi (Neliti)  Klik disini
    https://www.neliti.com/journals/jurnal-geofisika-eksplorasi

Eksplorasi Geofisika Seismik Pdf

Jurnal Eksplorasi Geofisika yang dipublikasikan juga tersedia dalam bentuk PDf yang bisa kamu baca dan pelajari di mana saja. Berikut ini kumpulan eksplorasi geografi seismik dalam bentuk PDF yaitu sebagai berikut:

  1. Interpretasi Data Metode Eksplorasi Geofisika: Seismik Downhole
    https://www.researchgate.net/publication/276964227_Interpretasi_Data_Metode_Eksplorasi_Geofisika_Seismik_Downhole  
  2. Jurnal Geofisika Eksplorasi (JGE)
    http://repository.lppm.unila.ac.id/32425/7/2020_JGE_Vol6_No2_Seismik_Wetar-di.pdf 
  3. ANALISIS SEISMIK AMPLITUDE VERSUS OFFSET (AVO) RESERVOAR BATU GAMPING FORMASI KUJUNG PADA LAPANGAN “GPH” CEKUNGAN JAWA TIMUR UTARA
    http://repository.lppm.unila.ac.id/5659/1/Jurnal%20Guspriandoko%201115051018.pdf 

Nah, itulah pembahasan mengenai geofisika eksplorasi lengkap beserta jurnal dan penelitian yang relevan. Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *