Developer: Pengertian dan Peluang Kerja

Developer

Developer merupakan salah satu pilihan profesi yang cocok untuk dilamar bagi kamu yang tertarik dengan dunia pemrograman,

Semua perusahaan besar yang ada saat ini kebanyakan membutuhkan jasa developer handal yang bisa memenuhi kebutuhan pelanggan mereka.

Berdasarkan data yang diperoleh, developer merupakan salah satu pekerjaan yang sedang berkembang di dunia, dengan peningkatan sebesar 22% pada tahun ini.

Developer adalah suatu aktivitas yang membuat seseorang memiliki tugas untuk mewujudkan desain sebuah produk atau layanan, biasanya berupa software dan website.

Developer membuat produk dengan cara menulis baris-baris kode yang rumit dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti Phyton atau HTML.

Seorang developer harus melakukan seluruh pekerjaannya dengan prinsip-prinsip implementasi software website termasuk maintainability, skalabilitas, ketahanan, kinerja, keamanan dan desain.

Developer adalah sebuah profesi yang umumnya dibagi menjadi 3 kategori. Berikut informasi lengkapnya.

Front-end developer

Front-end developer adalah pembagian Developer yang bertugas untuk menerjemahkan konsep produk ke dalam kode-kode dan bahasa pemrograman tertentu dan mengimplementasikannya dalam software.

Seorang front-end developer diharuskan memiliki pemahaman 3 bahasa pemrograman yang utama. Ketiganya adalah HTML, CSS dan JavaScript.

Front-end developer harus memastikan bahwa produk yang akan dibuat tampak bagus, berfungsi dengan baik, dan berisi konten yang benar. Karier sebagai front-end developer ini tentu sangat menjanjikan di masa yang serba digital.

Gaji front-end developer adalah Rp9-17 juta jika bekerja dengan baik dan sangat tekun.

  • Back-end developer

Pekerjaan mereka berhubungan dengan sejumlah hal yang berkaitan dengan server. Mereka harus membuat kode dan program yang mendukung sebuah software atau server situs. Ini termasuk membuat database dan aplikasi penyertanya.

Tugas lainnya dari seorang back-end developer adalah memastikan situs memiliki kecepatan mencukupi agar SEO (search engine optimization) dapat berfungsi optimal.

Gaji back-end developer di Indonesia berkisar antara Rp10-17 juta.

  • Full-stack developer

Seorang full-stack developer harus memahami dan mampu melakukan tugas front-end hingga back-end developer. Artinya, mereka harus bisa melakukan dua sisi kegiatan development secara sekaligus.

Profesi ini umumnya banyak dicari perusahaan guna mengurangi anggaran dalam proses pembuatan produk.

Gaji Full-stack developer di Indonesia berkisar antara Rp10,2-20 juta.

Kemampuan yang harus dimiliki untuk Developer ini adalah sebagai berikut.

  1.  Memahami bahasa pemrograman
  2. Libraries dan frameworks: Bootstrap dan jQuery
  3. Git dan Github
  4. Software design dan Photoshop (opsional)

Android Developer Adalah Karir Menjanjikan

Android Developer adalah Software Developer yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun aplikasi berbasis mobile menggunakan sistem operasi Android.

Di dalam aplikasi, Android Developer perlu membuat berbagai macam fitur untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Seorang Android Developer harus memiliki keahlian sebagai berikut:

  • App Functionality
  • User Interface
  • Data Management
  • Debugging dan Testing
  • Menguasai bahasa pemrograman Kotlin
  • Menguasai Jetpack

Developer Properti Adalah Karir Menjanjikan

Profesi developer properti pasti membuat masyarakat terkesan. Tak hanya terdengar keren, bisnis developer properti juga dinilai cukup kompleks.

Developer properti sendiri merupakan bisa berupa perusahaan atau perorangan, yang membuat perumahan.

Developer memiliki tugas untuk melakukan segala aktivitas pembangunan perumahan. Mulai dari pembelian tanah, pembangunan, hingga pemasaran proyek tersebut ke publik.

Profit yang menggiurkan membuat banyak orang bermimpi untuk menjadi seorang developer properti.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Developer. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *