Materi Interaksi Sosial Kelas 5

Materi Interaksi Sosial

Materi Interaksi Sosial Kelas 5 – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Materi Interaksi Sosial.

Materi Interaksi Sosial Dan Dinamika Sosial

Interaksi sosial berasal dari kata interaksi dengan makna sebagai sebuah tindakan yang terjadi secara dua orang atau lebih yang bereaksi akan timbal balik melalui kontak langsung maupun tidak langsung.

Sementara itu, Sosial mencakup hal saling berkesinambungan atau bekerja sama seperti halnya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan akan membutuhkan orang lain.

Jadi, interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu maupun kelompok untuk menjalin hubungan pertemanan, diskusi, kerjasama yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pendapat para ahli mengenai interaksi sosial

  • Gilin

Interaksi sosial dijelaskan oleh gillin sebagai hubungan sosial yang dinamis antara individu dengan individu lain atau dengan kelompok atau hubungan antar kelompok. Hubungan ini tercipta karena pada dasarnya manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain.

  • Bonner

Interaksi sosial menurut Bonner adalah hubungan antara dua orang atau lebih yang aksinya dari individu dapat mempengaruhi / mengubah kehidupan individu lain.

  • Walgito

Walgito berpendapat bahwa adanya hubungan timbal balik dalam interaksi sosial dapat memberikan pengaruh terhadap individu atau kelompok lain. Interaksi sosial juga berpengaruh terhadap kelompok dengan kelompok lain yang saling berhubungan.

  • Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto berpendapat  bahwa interaksi sosial adalah proses sosial yang berkaitan dengan cara berhubungan antara individu dan kelompok untuk membangun sistem dalam hubungan sosial.

  • Murdiyatmo dan Handayani

Murdiyatmo dan Handayani menjelaskan pengertian interaksi sosial sebagai hubungan yang dibangun seseorang dengan orang lain yang dalam proses kehidupan tersebut terbangun struktur sosial.

Pada struktur sosial tersebut juga terbangun hubungan yang saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.

Interaksi Sosial menurut Sosiologi Charles P. Loomis memiliki ciri-ciri interaksi sosial , yaitu:

    • Jumlah pelaku lebih dari seorang bahkan lebih
    • Adanya komunikasi diantara para pelaku dengan menggunakan simbol-simbol.
    • Adanya tujuan-tujuan tertentu, terlepas dari sama atau tidak sama dengan yang diperkirakan oleh para pengamat.

Interaksi Sosial terdapat 2 syarat, yaitu:

  • Kontak Sosial

Kontak sosial dibagi menjadi dua:

    • Kontak Sosial bersifat Primer: Kontak terjadi secara langsung seperti bertatap muka.
    • Kontak Sosial bersifat Sekunder: Kontak terjadi secara tidak langsung atau menggunakan media penghubung seperti telepon, surat elektronik bahkan melalui pesan media sosial.
  • Komunikasi

Beberapa hal yang terdapat pada komunikasi, yaitu:

    • Komunikator adalah seorang atau sekelompok orang yang menyampaikan pesan untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan atau keterkaitan.
    • Komunikan adalah seorang atau kelompok yang menerima pesan dari komunikator.
    • Pesan adalah sesuatu hal yang disampaikan oleh komunikator. Pesan biasanya berisikan informasi, pertanyaan, bahkan pengungkapan emosi dan perasaan.
    • Media adalah perantara untuk menyampaikan pesan. Media komunikasi dapat berupa lisan, tulisan, gambar bahkan film biasanya memberikan pesan tersurat.
    • Efek adalah perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan, setelah mendapatkan pesan dari komunikator.

Dinamika sosial adalah perubahan sosial yang terjadi akibat adanya interaksi dalam dua atau lebih individu dalam suatu masyarakat yang memiliki hubungan psikologis secara jelas dalam situasi yang dialami. Dalam dinamika masyarakat dapat terjadi interaksi sosial, kelompok sosial dan kelas sosial.

Materi Interaksi Sosial Kelas 5

Interaksi Sosial ini adalah salah satu materi yang akan ditemui di kelas 5. Materi ini sangat bermanfaat sekali untuk dipelajari.

Interaksi Sosial ini akan memberikan wawasan mengenai bagaimana sebenarnya interaksi sosial berdasarkan pendapat beberapa ahli dan hal-hal yang berkaitan dengan interaksi ini.

Interaksi Sosial sangat memberikan manfaat yang baik kepada manusia. Dampak positif akan terbentuknya pergaulan yang sehat dan saling mendukung serta membutuhkan satu sama lain.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Materi Interaksi Sosial. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *