Mengenal Nested Loop dan Manfaatnya

Nested Loop

Nested Loop Belajar C – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Nested Loop.

Nested Loop Merupakan Belajar C

Nested Loop dikenal juga dengan istilah perulangan bersarang yang memiliki makna sebutan untuk perulangan di dalam perulangan.

Konsep seperti ini sering dipakai untuk memecahkan masalah programming yang cukup kompleks. Semua jenis perulangan bisa dibuat dalam bentuk perulangan bersarang, termasuk perulangan FOR, WHILE dan DO WHILE.

Perulangan bersarang ini sangat sering sekali terdengar dalam bahasa inggris, dimana perulangan bersarang ini dikenal dengan sebutan Nested Loop.

Berikut contoh format dasar Nested Loop dalam bahasa C:

for (start1; condition1; increment1)

{

// kode program

for (start2; condition2; increment2)

{

// kode program

}

}

Di dalam Nested Loop terdapat istilah outer loop dan inner loop. Sesuai dengan namanya, outer loop adalah sebutan untuk perulangan luar, sedangkan inner loop sebutan untuk perulangan dalam.

Pada contoh di atas, outer loop adalah perulangan di baris 1, sedangkan inner loop adalah perulangan di baris 4. Kode program di dalam outer loop akan dijalankan sejumlah kondisi perulangan di outer saja.

Sementara itu,  kode program yang ada di dalam perulangan inner loop akan dijalankan sebanyak perulangan outer * inner.

Tidak ada batasan seberapa banyak “kedalaman” dari sebuah Nested Loop. Kita bisa saja membuat perulangan di dalam perulangan di dalam perulangan, dst. Tentu saja semakin banyak Nested Loop, kode programnya juga akan makin kompleks.

Dalam membuat perulangan berasarang kita juga harus sangat teliti dalam penggunaan tanda kurung kurawal “{ }” untuk menandakan awal dan akhir sebuah blok kode program. Tidak jarang hasilnya jadi berantakan karena salah menulis posisi penutup kurung kurawal.

Nested Loop Python Indonesia

Nested Loop pada Python adalah instruksi kode program yang dieksekusi berulang kali. Nested Loop Python ini memiliki fungsi untuk memerintah komputer melakukan sesuatu secara berulang-ulang dengan jumlah tertentu selama sebuah kondisi yang telah ditentukan masih terpenuhi.

Semua bahasa pemrograman menyediakan berbagai model struktur perulangan, seperti contohnya pada PHP ada while, for, dan foreach. Python juga menyediakan berbagai model tipe untuk melakukan perulangan.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Nested Loop. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *