Diafragma Jembatan

Diafragma Jembatan

Diafragma jembatan- Diafragma adalah elemen struktur jembatan yang berfungsi memberikan ikatan antara girder satu dengan girder lainnya sehingga memberikan kestabilan masing-masing girder sehingga bisa bekerja sebagai satu kesatuan.

Balok diafragma jembatan adalah

Balok diafragma adalah merupakan pengaku dari gelagar-gelagar memanjang dan tidak memikul beban plat lantai dan diperhitungkan seperti balok biasa.

Jembatan secara umum adalah suatu konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintanganrintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, danau, saluran irigasi, kali, jalan kereta api, jalan raya yang melintang tidak sebidang dan lain-lain.

Fungsi diafragma jembatan

Jembatan merupakan sarana umum yang vital fungsinya karena menghubungkan 2 buah tempat yang terpisah sehingga waktu tempuh menjadi singkat.

Apabila tidak ada jembatan maka 2 tempat yang terpisah tersebut tentu harus menempuh jalan memutar untuk sampai ke tempat / daerah lainnya.

Hal ini tentu akan membuat kendaraan menempuh waktu yang jauh lebih lama untuk sampai ke daerah atau tempat lain. Apabila ditinjau dari segi fungsinya, jembatan mempunyai beberapa fungsi yaitu :

Berdasarkan fungsinya, ada 3 fungsi jembatan yaitu :

  • Jembatan Jalan Raya (Highway Bridge)

Jembatan jalan raya difungsikan untuk sarana transportasi berbagai macam kendaraan, kendaraan yang dimaksudkan disini adalah kendaraan darat umum seperti mobil, motor, truk, dsb.

  • Jembatan Jalan Kereta Api (Railway Bridge)

Jembatan kereta api memang dibangun khusus untuk dilalui oleh kereta api yang jalurnya terpisah oleh hambatan seperti sungai, lembah, dll.

  • Jembatan Pejalan Kaki / Penyeberangan (Pedestrian Bridge)

Jenis jembatan ini memang dibangun untuk pejalan kaki menyeberangi jalan, jembatan ini dibuat melintas diatas jalan agar lalu lintas jalan tidak terganggu.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita tentang diafragma jembatan, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *